BERBAGI
Penampakan awan gelap pekat disekitar Pelabuhan Domestik Telaga Punggur, Batam | Foto : Junedy Bresly

CENTRALBATAM.CO.ID, BATAM-Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Hang Nadim, Batam memprediksi, curah hujan masih sangat berpotensi mengguyur Batam, Sabtu (23/7/2016).

Terpantau dari penciteraan di BMKG Hang Nadim, terlihat pola hujan ringan dengan penyebaran lokal berpotensi terjadi dari pagi, hingga malam hari nanti.

Kepala Stasiun BMKG Batam, Philip Mustamu juga turut membenarkannya.

Philip menegaskan, kondisi pementukan awan konvetif masih sangat subur. Sehingga potensi turunnya hujan masih sangat tinggi.

“Masih berpotensi sampai saat ini, ditambah lagi hembusan angin dari Selatan yang jelas membawa sangat banyak massa air,” kata Philip Mustamu, Kepala BMKG Hang Nadim, Batam, saat dikonfirmasi.

Hujan yang turun diperairan Kepri memuat gelombang laut sedikit meninggi dan jarak pandang yang minim | Foto : Junedy Bresly
Hujan yang turun diperairan Kepri memuat gelombang laut sedikit meninggi dan jarak pandang yang minim | Foto : Junedy Bresly

Dikatakannya juga, adanya arah belokan mata angin, turut memperbanyak massa air yang menumpuk diatas langit sekitar Kepri dan menjadikannya sangat berpotensi diguyur hujan.

“Dan ketika hujan turun, bisa saja awet sampai malam hari. Ini tergantung arah hembusan dan massa air yang dibawa angin,” ungkapnya.

Dikatakannya juga, untuk keadaan gelombang air laut hingga saat ini masih terilang normal dengan ketinggian rata-rata 0-0.75 meter.

Dengan ini, Philip menegaskan segala aktifitas penyeberangan dan melaut bagi nelayan masih aman.

“Namun bisa saja seketika berubah, makanya kita imbau untuk tetap berhati-hati,” ujarnya.

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY