BERBAGI

CENTRALBATAM.CO.ID, BINTAN –Untuk mempermudah pantauan lalu lintas, satuan lalu lintas (Satlantas) Bintan memasang di sejumlah titik.

Pemasangan Cctv di sejumlah simpang ini, merupakan program Satlantas Polres Bintan yang bernama Trafic Managemen Center(TMC) di tahun 2020. Program ini dalam rangka memberikan pelayanan yang lebih maksimal bagi masyarakat Bintan.

“Selanjutnya, juga ada di simpang T lagoi( didalam area lagoi), simpang KM 16 dan kemudian di simpang di dekat pelabuhan Sribayintan,”ujar Kasatlantas Polres Bintan, AKP Rendi, Rabu (15/01/2020).

Rencananya, TMC ini adalah sebagai ruangan yang dapat mengakomodir informasi dari Cctv yang ditempatkan di tuju titik di Wilayah Kabupaten Bintan.

Yakni ada di simpang bulang linggi, simpang  Pelabuhan Asdp Tanjunguban, simpang makam pahlawan, simpang penaga, simpang lagoi.

Lanjutnya, kenapa di tempatkan di tujuh titik persimpangan itu, karena adanya kerawanan kemacetan di lokasi tersebut.Sebab daerah itu sering terjadi keramaian masyarakat.

“Jadi perlu kita sikapi untuk mengatasi. Jika terjadi keramaian kita akan berpatroli kesana untuk mengurai kemacetan,”ujarnya.

Rendi juga menyebutkan, adapun fungsi CCTV ini adalah sebagai salah satu alat untuk memonitor aktivitas masyarakat.

Baik itu di sisi orang, maupun kendaraan yang lalu lalang sepanjang jalan yang dipasangi Cctv di sejumlah titik tersebut.

Dimana seandainya ada bentuk keramaian yang berpotensi membuat kemacetan,pihaknya bisa segera merespon dan turun ke lokasi.

Bisa juga jadi petunjuk jika terjadi kecelakaan apabila terekam Cctv, dan sejauh ini sejumlah Cctv juga sudah dipasangi di tujuh titik tersebut.

“Inilah fokus tujuan program TMC ini, walaupun memang dengan adanya  pemasangan Cctv ini juga berguna untuk memantau hal lain, contohnya ada kecelakaan dan lain sebagainya kita bisa segera merespon,”ungkapnya.

Rendi juga menjelaskan,bahwa TMC ini juga nanti di rencanakan akan menjadi ruangan yang bisa  terkoneksi dengan aplikasi yang akan di publikasi Satlantas Polres Bintan, dan akan bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Bintan.

Yakni aplikasi dengan nama PSC 119 Bintan.Disitu lebih menekankan terhadap Quick Respon ketika terjadi gawat darurat.

Aplikasi PSC 119 Bintan itu juga sudah ada di Play Store dan warga bisa mendwonload.

“Tetapi untuk saat ini kita belum launcing, karena memang nanti rencananya kita akan melakukan pelatihan terlebih dahulu,”tutupnya. (Ndn)

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY