BERBAGI
Apri-Dalmasri foto bareng President dan Wapres usai menerima piagam. Doc

CENTRALBATAM.CO.ID, BINTAN –Setelah setahun dilantik jadi pasangan Bupati/Wakil Bupati Bintan, Apri-Dalmasri (Asri), menuai berbagai pujian dan kritikan.

Kritikan yang didapat tidak hanya bersifat membangun, namun kritik dari berbagai pihak yang bersembarangan pendapat juga ia dapati.

Meskipun demikian, tidak membuat pasangan ingin patah semangat lalu tunduk pada keadaan. Keduanya terlihat terus berjuang membawa Bintan menjadi Gemilang.

Dengan mengusung visi terwujudnya kabupaten bintan yang madani dan sejahtera melalui  pencapaian  bintan  gemilang  2025, pasangan ini memiliki gerakan melangkah maju  di  bidang  kelautan,  pariwisata  dan  kebudayaan yang dijabarkan ke dalam delapan misi.

Mewujudkan Bintan sebagai tujuan investasi berdaya saing, mewujudkan pelayanan infrastruktur daerah yang berkualitas, terintergritas serta merata. Kemudian, mewujudkan good good governance serta meningkatkan kualitas pendidikan, kesehatan dan kualitas pendidikan serta SDM yang berkualitas’ Misi pertama keduanya.

Kemudian, Pasangan ini juga memiliki misi lain dengan ; membangun karakter masyarakat yang religius dan berbudaya melayu sebagai landasan pembangunan masyarakat. Dan disusul dengan mengoptimalkan pemberdayaan masyarakat serta menjadikan pemuda sebagai pelopor pembangunan daerah, Dan mewujudkan ketahan pangan serta meningkatkan kualitas pengelolaan lingkungan hidup yang berkelanjutan.

Alhasil, meskipun pemerintahannya baru seumur jagung, hasil kepemimpinan keduanya dirasakan oleh hampir seluruh masyarakat Bintan.

Pebangunan di bidang infrastruktur misalnya, salah satu prasarana infrastruktur dasar yang dibutuhkan oleh masyarakat untuk peningkatan aksesibilitas adalah jalan. Kegiatan ekonomi yang dinamis dan terus berkembang juga menambah urgensi kebutuhan jalan. Merespon kebutuhan masyarakat tersebut, dalam setahun kepemimpinan asri telah dibangun + 33,345 km jalan sehingga total panjang jalan di kabupaten bintan meningkat dari + 800,230 pada tahun 2015 menjadi   + 833,575 pada tahun2016 dengan tingkat kemantapan jalan mencapai 82,17%.

Kemudian, infrastruktur air bersih juga menjadi perhatian melalui pembangunan spam IKK terutama untuk memenuhi kebutuhan air bersih di wilayah pesisir bintan. pada tahun 2016, 15 spam IKK di kabupaten bintan telah ditingkatkan, dioptimalisasi dan dikembangkan dengan total 801 sambungan rumah, sehingga meningkatkan jumlah sambungan rumah terpasang dari 5712 sambungan rumah pada tahun 2015 menjadi  6513 sambungan rumah pada tahun 2016.

Dalam rangka peningkatan kualitas hidup sehat, Asri telah membangun  infrastruktur sanitasi berupa instalasi pengolahan air limbah (ipal) sehingga pada tahun 2016, sebanyak 115.742 orang masyarakat kabupaten bintan atau 80,3% telah meliliki akses sanitasi layak.

Kemudian dibindang Ekonomi

Sektor pariwisata telah menjadi mesin penggerak perekonomian kabupaten bintan. Oleh sebab itu Asri terus berkomitmen untuk mengembangkan potensi wisata kabupaten bintan melalui pelaksanaan event-event wisata baru tingkat internasional, diantaranya melalui event bintan MooRun 2016 dan Bintan reebok Spartan Race serta tampil sebagai narasumber dalam program dialog economic challenges yang diselenggarakan di metro tv, Apri sujadi, saat itu turut mempromosikan pariwisata kabupaten bintan di tingkat nasional.

Baca Juga:  Api Terus Berkobar, Kapal Ikan Ikut Terbakar di Kampung Bugis Tanjungpinang

Berbagai  usaha pengembangan potensi pariwisata telah memberikan dampak positif terhadap pertumbuhan kunjungan wisata bintan. Pada tahun 2016 kunjungan wisata kabupaten bintan meningkat menjadi 574.377 wisatawan yang didominasi wisatawan mancanegara sejumlah 305.474 wisatawan dan 268.863 wisatawan domestik sehingga kontribusi pad dari sektor pariwisata 53,76% atau 99,33 milyar rupiah dari total pad kabupaten bintan 2016 yaitu 184,81 milyar rupiah.

Disisi lain pertumbuhan investasi di kabupaten bintan juga mengalami peningkatan pada masa asri. tahun 2016 jumlah penanam modal asing mencapai 199 perusahaan dengan nilai inventasi 962,049 ribu dollar amerika dan jumlah penanam modal dalam negeri berjumlah 61 perusahaan dengan nilai investasi 475 milyar rupiah.

Perhatian pasangan ini tidak hanya pada pelaku usaha elit bintan, namun mereka yakin pengembangan ekonomi lokal juga mampu meningkatkan daya saing daerah. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan jumlah pelaku usaha kecil mikro menengah meningkat menjadi 2.633 pada tahun 2016 dari 2.513 pada tahun 2015 atau meningkat 120 umkm. selain itu asri juga telah memberikan bantuan kepada 160 wirausaha muda di kabupaten bintan yang diharapkan mampu meningkatkan omset usahanya.

Kemudian hasil yang diraih dibidang sosial budaya misalnya,

Dalam setahun kepemimpinan Asri telah dilakukan rehabilitasi 112 rumah tidak layak huni serta 95 unit bantuan stimulan rumah swadaya sebagai komitmen untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat tidak mampu.

Dalam rangka peningkatan kualitas layanan kesehatan bagi masyarakat kabupaten bintan. pada tahun 2016 telah ditambahkan 2 unit puskel air di mantang dan numbing. Masih ditahun pertama pemerintahan Asri, di awal tahun 2017 telah dimulai pelaksanaan pelayanan kesehatan dasar gratis bagi masyarakat bintan khususnya yang belum menjadi anggota bpjs diseluruh puskesmas dan rsud kabupaten bintan hanya dengan menunjukkan e-ktp. Mulai dari bulan januari tercatat hampir 1600 masyarakat yang telah memanfaatkan fasilitas ini.

Dalam rangka peningkatan kualitas pendidikan pada tahun 2016 telah dilakukan rehabilitasi 18 unit ruang kelas serta pembangunan 9 unit ruang kelas baru dan 1 unit perpustakaan. diawal tahun ajaran baru 2017 direncanakan akan diberikan bantuan berupa seragam sekolah, sepatu, tas dan buku tulis bagi siswa baru TK, SD, dan SMP.

Baca Juga:  KPU Bintan Tetapkan "Bupati Indonesia" Sebagai Pemenang Pilkada

Untuk membentuk masyarakat bintan yang madani, berkarakter, dan religius maka asri  telah menyalurkan insentif bagi guru ngaji, imam, penjaga mesjid, fardu kifayah dan mubaligh/mubalighah.

Dalam rangka pengembangan budaya melayu serta menjaga keharmonisan keberagaman suku bangsa dan budaya yang ada di kabupaten bintan maka dalam setahun kepemimpinan  asri  telah dilaksanakan festival tari bintan, festival jong, festival lampu cangkok dan wayang kulit. sebagai bentuk apresiasi telah diberikan anugerah seni cogan laksmana bentan kepada 10 orang tokoh seni, budayawan, serta penyair yang telah memberikan kontribusi terhadap perkembangan seni dan budaya di kabupaten bintan.

Kemudian dibinda Kepemudaan dan olah raga

Dalam rangka pembinaan kepemudaan dan olah raga pada tahun 2016 telah dilaksanakan berbagai kegiatan diantaranya bupati cup, senam sehat, jalan sehat, serta kegiatan super grass track bintan cup.

Menyadari bahwa pemuda merupakan pelopor pembangunan di bintan, maka kualitas pemuda di kabupaten bintan harus terus ditingkatkan. pada tahun 2016 asri telah menyalurkan bantuan sosial biaya pendidikan mahasiswa tidak mampu dalam 4 tahap kepada 51 orang mahasiswa bintan.

Sementara dibidang Sumber Daya Aparatur

Dalam rangka pembinaan dan peningkatan disiplin asn kabupaten bintan asri  melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke organisasi perangkat daerah dan melakukan pembinaan langsung  di lingkungan pemerintah kabupaten bintan.

Asri menyadari pentingnya membangun dari pinggiran dengan memperkuat desa sesuai dengan agenda nawacita presiden republik indonesia ir. joko widodo maka pada tahun 2016 telah dilakukan berbagai kegiatan peningkatan kualitas aparatur desa diantaranya bimbingan teknis perencanaan bagi perangkat desa dan pembina desa, sinkronisasi penyusunan rpjmdes serta pelatihan penatausahaan keuangan desa. selain itu untuk mengidentifikasi potensi desa dan kelurahan telah dilaksanakan kegiatan penyusunan profil desa dan kelurahan yang dapat digunakan sebagai dasar perencanaan pembangunan desa dan kelurahan.

Menyikapi perkembangan dinamika perekonomian nasional dan regional yang fluktuatif, asri  terus mendorong untuk meningkatkan efisiensi penggunaan anggaran tanpa mempengaruhi kinerja dan efektifitas kegiatan pembangunan. pada tahun 2016 tercatat 11,48 milyar rupiah yang dapat diefisiensikan melalui pengadaan secara elektronik.

Untuk mempermudah masyarakat mempeoleh akte kelahiran, maka telah dirumuskan percepatan pelayanan akte kelahiran di kecamatan dengan cara memangkas birokrasi sehingga masyarakat tidak perlu datang ke kantor disduk capil melainkan cukup mengajukan permohonan pembuatan akte kelahiran dan dapat mengambil akte kelahiran yang telah diproses disduk capil di kecamatan.

Asri berkomitmen melakukan perubahan dengan prioritas perbaikan pada sistem pelayanan kepada masyarakat salah satunya dengan program sms gateway yang menawarkan 13 jenis produk informasi pelayanan kependudukan dan catatan sipil.

Baca Juga:  Tidak Kantongi IMB, Camat Katang Bidara Minta Dinas Perizina Blacklist Kotage Kwansend Dan Hasim

Atas kerja kerasnya, pasangan ini mendapat berbagai penghrgaan seperti:

Selain keberhasilan pembangunan yang sudah dapat dirasakan masyarakat kabupaten bintan, keberhasilan kepemimpinan asri juga diakui ditingkat provinsi dan nasional. terbukti dalam setahun telah menerima tidak kurang dari 20 penghargaan dan anugerah baik ditingkat provinsi maupun ditingkat nasional, yaitu:

Pemerintah daerah kabupaten bintan meraih juara harapan i mtq 2016 tingkat provinsi kepulauan riau

Juara i pawai ta’aruf mtq 2016 tingkat provinsi kepulauan riau

Juara i stand pameran mtq terbaik pada pagelaran mtq provinsi kepulauan riau.

Jjuara penyaji terbaik ii pada pagelaran seni dan budaya parade tari daerah provinsi kepri tahun 2016

Juara i penata busana pada pagelaran seni dan budaya parade tari daerah provinsi kepri tahun 2016

Piala juara umum lomba masak serba ikan tk provinsi kepri 2016 dari pembina pkk provinsi kepri

Radio bintan 96.5 fm meraih kpid awards 2016 atas partisipasi dan peranan pemerintah daerah terhadap lembaga penyiaran publik

Bank riau kepri awards 2016 atas komitmen menumbuh kembangkan umkm bagi masyarakat kabupaten bintan

Mengantarkan dekranasda kabupaten bintan meraih penghargaan sebagai juara i kerajinan tangan dan stand terbaik se provinsi kepri pada event pagelaran kepri expo 2016

Juara ii keterbukaan informasi public dari kip (komisi informasi publik) prov kepri

10 besar kinerja terbaik se indonesia atas penghargaan laporan penyelenggaraan pemerintahan daerah.

Anugerah investment awards 10 besar terbaik bidang investasi se indonesia

Piala adipura buana dari wakil presiden ri jusuf kalla

Anugerah atas prestasi laporan keuangan wtp

Procurement awards 2016 pada kategori e-procurement tentang aksi pencegahan dan pemberantasan korupsi

Juara iii lomba masak serba ikan tingkat nasional

Penghargaan oleh menteri hukum dan ham ri yasonna h.laoly sebagai kabupaten peduli hak azazi manusia

Anugerah parahita ekapraya (ape) tk.utama tahun 2016 dari menteri pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak prof. yohana susana yembise serta disaksikan oleh wakil presiden ri jusuf kalla dan beberapa menteri kabinet kerja

Llaporan hasil evaluasi akuntabilitas kinerja instansi pemerintah (lhe akip) tahun 2016 dari kementerian  pendayagunaan aparatur negara dan reformasi birokrasi (panrb) republik indonesia dengan predikat b di kota Bandung

Penghargaan wahana tata nugraha dari kementerian perhubungan republik indonesia di istana wakil presiden RI Jakarta pusat

 

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY