BERBAGI
Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Batam Nagoya, menyampaikan sosialisasi dan edukasi mengenai pentingnya perlindungan resiko dalam bekerja kepada para driver online dari berbagai komunitas

CENTRALBATAM.CO.ID, BATAM – Pada kegiatan ulang tahun Gabungan Komunitas Driver Online (GKDO) yang ke -3 yang diadakan di Kasta Cafe Bengkong pada, Sabtu (24/9/2022).

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Batam Nagoya, menyampaikan sosialisasi dan edukasi mengenai pentingnya perlindungan resiko dalam bekerja kepada para driver online dari berbagai komunitas.

Pada kegiatan tersebut disampaikan bahwa jaminan sosial ketenagakerjaan saat ini penting dimiliki bukan hanya oleh pekerja formal, melainkan juga pekerja informal termasuk driver online.

Hal ini dimaksudkan agar para driver online dan ahli waris tidak lagi memikirikan biaya ataupun materi yg harus dikeluarkan apabila mengalami resiko khususnya resiko kecelakaan kerja dan resiko kematian.

Baca Juga:  Ternyata Ini Alasan Bintan Dipilih Sebagai Hari Peringatan BUMDes Pertama

Manfaat BPJS Ketenagakerjaan untuk kecelakaan kerja antara lain, pengobatan medis tanpa batas, santunan sementara tidak mampu bekerja, santunan kematian sebesar 48 kali upah, santunan cacat, sampai manfaat beasiswa untuk 2 orang anak dari tingkat SD sampai dengan perguruan tinggi apabila peserta mengalami meninggal dunia karena kecelakaan kerja.

Sementara untuk manfaat jamiman kematian diberikan sebesar Rp 42 juta dan beasiswa untuk 2 orang anak apabila yang bersangkutan sudah menjadi peserta minimal 3 tahun.

Ditemui terpisah, Kepala Cabang BPJAMSOSTEK Batam Nagoya, Sony Suharsono mengatakan, kegiatan ini bertujuan memperkenalkan BPJS Ketenagakerjaan kepada Gabungan Komunitas Driver Online Kota Batam yang merupakan salah satu transportasi online yang memerlukan perlindungan dan jaminan sosial dari pemerintah.

Baca Juga:  Mulai Dari Kamtibmas Hingga Kasus Penculikan Jadi Bahan Curhat Warga Dengan Kapolres Bintan

“Apa yang kami sampaikan kepada rekan-rekan anggota GKDO semoga bermanfaat dan mampu memberikan edukasi dan kesadaran akan pentingnya melindungi diri sendiri terhadap resiko -resiko sosial yang mungkin menimpa kita,” ujar Sony.

“Gabungan Komunitas Driver Online (GKDO) termasuk dalam kategori Pekerja Bukan Penerima Upah (BPU), sehingga mereka secara langsung, sadar dan sukarela dapat mendaftarkan dirinya sebagai peserta program BPJS Ketenagakerjaan,” katanya.

Selain itu, iuran yang dibayarkan sangat terjangkau yakni sebesar Rp 16.800 per bulan untuk perlindungan program jaminan sosial yaitu Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM), lanjutnya lagi.

“Akhir kata saya juga mengucapkan Selamat Ulang Tahun kepada GKDO yang ke-3, semoga kedepan GKDO semakin jaya. Dan semoga para anggota semakin sejahtera dan kami berharap kedepannya semua driver online di kota Batam mendapatkan perlindungan. Karena menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan adalah bagian dari kesejahteraan itu sendiri,” tutupnya.(dkh)

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY