BERBAGI
Salah satu warga saat mengikat boat pancung di pelabuhan rakyat di Sagulung Kota Batam | Foto : Ben

CENTRALBATAM.CO.ID, BATAM-Pemerintah Kota (Pemko) Batam menambah dua pelabuhan di pulau penyangga pada tahun anggaran 2017 ini. Keduanya dibangun dengan menggunakan dana alokasi khusus (DAK).

“Ada dua pelabuhan kita bangun, di Pulau Putri dan Subang Mas. Dari dana DAK, total Rp 4,8 miliar,” kata Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Kota Batam, Yusfa Hendri.

Yusfa mengatakan alasan dipilihnya Pulau Putri untuk pembangunan pelabuhan ini adalah statusnya sebagai pulau terluar. Selain itu Pulau Putri juga sudah menjadi destinasi wisata.

“Nantinya wisatawan dari hotel sepanjang Nongsa atau bahkan dari Bengkong bisa buat paket wisata langsung ke Pulau Putri,” ujarnya.

Sementara Subang Mas karena pulau tersebut akan dikembangkan menjadi lokasi pertanian terpadu. Meski tidak khusus untuk pertanian tersebut, karena dapat dimanfaatkan masyarakat umum juga.

Baca Juga:  Apresiasi Warga Cepat Tanggap Adanya Kebakaran, Ini Kata Wali Kota Tanjungpinang

Tak hanya pembangunan pelabuhan, Pemko Batam juga mendapat DAK untuk pembuatan tiga unit kapal. Anggaran yang didapat dari pusat sebesar Rp 1,5 miliar.

“Kapal berkapasitas 30 orang ini nanti untuk jalur perintis. Untuk buka jalur dari Belakangpadang ke Pulau Terong, Kasu,” kata dia.

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY