BERBAGI
Wali Kota Batam Muhammad Rudi saat tiba di dataran Engku putri dalam resepsi pelantikan Wali Kota Batam dan Wakil Wali Kota Batam, Selasa (15/3//2021) malam

CENTRALBATAM.CO.ID, BATAM – Ada 3 prioritas pembangunan yang akan dilakukan di Kota Batam. Diantaranya, pembangunan di pelabuhan, bandara dan kawasan ekonomi. Demikian hal ini diungkapkan oleh Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam, Muhammad Rudi.

Menurutnya melalui BP Batam ada 3 hal utama yang akan dikerjakan yang kemudian dapat mendorong pertumbuhan ekonomi di Batam. Diantaranya pengembangan Pelabuhan Batuampar, Bandara Hang Nadim serta Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Kesehatan RSBP Batam.

“Pelabuhan Batuampar menjadi target utama sehingga membangkitkan ekonomi Batam. Bandara ke depan tidak lagi berfungsi tunggal akan ada kargo. Lalu RSBP akan menjadi rumah sakit berstandar internasional,” ujar Rudi, Senin (15/3/2021).

Diakuinya integrasi 2 instansi antara Pemerintah Kota (Pemko) dan Badan Pengusahaan (BP) Batam tersebut sudah mulai nampak. Bahkan, beberapa pembangunan sudah dimulai dengan kolaborasi apik antara Pemko Batam dan BP Batam.

Baca Juga:  Dewan Pers Minta MK Tolak Judicial Review UU Pers

Untuk itu, ia meminta dukungan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Batam dan pemangku kepentingan lainnya.

“Penyatuan perencanaan pembangunan tersebut juga dipadukan dengan perencanaan yang ada di Pemprov Kepri,” kata dia.

Organisasi Perangkat Daerah (OPD) maupun pejabat di BP Batam untuk bersama membahas perencanaan pembangunan Batam. Bahkan, dalam waktu dekat, Rudi akan membahas semua rencana pembangunan tersebut dengan pejabat Pemko Batam dan BP Batam.

“Tak boleh lagi sendiri-sendiri. Kita tidak mau ada proyek pembangunan yang berhenti di jalan dan kita bertekad membangkitkan ekonomi Batam,” kata Rudi.

Rudi menuturkan peningkatan infrastruktur dapat membantu pergerakkan ekonomi Batam dengan cepat. Ekonomi Kota Batam harus terus bergerak. Karena itu sejumlah proyek pembangunan yang telah direncanakan Pemko Batam akan kembali dilanjutkan.

Baca Juga:  Pentingnya Menjaga Kelestarian Ekosistem, Amsakar Ikut Tanam Bibit Mangrove

“Infrastruktur jalan utama akan menjadi prioritas Pemko Batam, kenapa demikian? Karena kita ingin menggerakan ekonomi dengan cepat,” kata Rudi.

Menurutnya peningkatan jalan-jalan utama dengan jalan lingkungan juga harus seimbang. Dengan demikian, diharapkan ekonomi Kota Batam bisa bergerak sesuai dengan yang diharapkan.

Tahun ini beberapa jalan utama yang akan dilebarkan diantaranya jalan Batuampar, dari Pelabuhanan Batuampar sampai Muka Kuning. Sepanjang jalan ini harus dilebarkan agar lalu lintas lancar termasuk industri yang ada disekitarnya.

“Selain jalan, saya juga akan meningkatkan infrastruktur di Pelabuhan Batuampar. Dengan menggunakan anggaran Badan Pengusahaan (BP) Batam,” ujarnya.

Piihaknya berharap apa yang direncanakan Pemko Batam dan juga BP Batam bisa mendapatkan dukungan dari seluruh elemen masyarakat. Karena tanpa ada dukungan masyarakat akan sulit untuk mewujudkan perencanaan tersebut.

Baca Juga:  Pembangunan Batam Semakin Pesat, Rudi Ajak Daerah Lain di Kepri Maju Bersama

“Semua bertujuan membangun Batam, mana yang tugasnya BP Batam dan mana yang tugasnya Pemko Batam harus dikerjakan dan diintegrasikan dalam perencanaan sehingga pembangunan Batam dalam satu kesatuan,” katanya.(dkh)

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY