BERBAGI
Kasatker Pelabuhan Batu Ampar, Adil Setiadi (Kemeja biru, kacamata) saat digelandang tim Saber Pungli Polda Kepri | Foto : Den

CENTRALBATAM.CO.ID, BATAM – Kepala Satuan Kerja (Kasatker) di Pelabuhan Batu Ampar, Batam, Adil Setiadi ditangkap tim Saber Pungli Polda Kepri, beberapa waktu lalu.

Pejabat yang masih berada di bawah naungan Badan Pengusahaan (BP) Batam itu ditangkap, terkait pungutan liar (Pungli) yang sering dipanennya.

Tak canggung, dalam sekali beraksi Adil bisa memeroleh uang mulai Rp 1 sampai dengan Rp 10 juta per kapal. Nominal itu terhitung per sekali trip, setelah lebih dari 10 kali sebagaimana telah ditentukan.

“(Di pelabuhan), minimal per kapal itu hanya boleh 10 kali trip (berlabuh) dalam sehari. Nah, karena ada pihak-pihak yang ingin berlabuh lebih dari ketentuan itu, terjadilah aksi (pungli),” kata Kapolda Kepri, Irjen Pol. Sam Budigusdian, MH dalam pernyataannya, Selasa (9/5/2017) sore lalu.

“Uang yang diterima tersangka dari para pengusaha kapal, diduga untuk memperlancar trip yang ternyata sudah lebih dari ketentuan,” imbuhnya.

Menelisik lebih dalam, Sam menegaskan, pihaknya akan terus mendalami hal ini. Terkait aliran dana yang bisa saja mengucur kepada oknum lainnya, dia tak banyak berkomentar.

“Intinya, kita akan telusuri. Kemana saja dananya mengalir. Bisa saja masih ada pihak lain yang menerima, ini masih dugaan. Jadi masih ditelusuri,” tegasnya.

Sejauh ini, jajaran Direktorat Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Kepri masih terus melakukan pengembangan.

“Masih kita telusuri,” imbuhnya.

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY