BERBAGI
Wartawan Tribun, Fandi saat memberikan bantuan masker pada ketua IJTI, Ahmad Afandi Pohan

CENTRALBATAM.CO.ID, BINTAN –Ditengah pandemic covid-19 yang sedang meresahkan muncul berbagai kepedulian terhadap para awak media. Pasalnya, tanpa terjun langsung ke lapangan wartawan mustahil mereka mendapat informasi yang dibutuhkan seperti; pengambilan foto, rekaman suara hingga rekaman video.

Sementara, ditengah keresahan terhadap virus asal Wuhan, Cina itu perlu informasi yang akurat untuk dikonsumsi masyarakat sehingga tidak terjebak berita hoax melalui berbagai medsos. Untuk itu, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) wilayah Tanjungpinang-Bintan (TPI-Bintan) menujukkan kepedulian terhadap sesama rekan jurnalis.

Kepedulian PWI TPI-Bintan itu kembali ditunjukkan dengan membagikan masker para awak jurnalis. Masker ini tidak hanya untuk anggota PWI saja, namun juga kepada wartawan yang memang selama ini tetap semangat menyajikan informasi akurat melalui tayangan visual seperti Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI).

Ketua IJTI untuk wilayah Tanjungpinang, Bintan dan Karimun, Ahmad Afandi Pohan mengapresiasi kepedulian PWI ini.

“Pastinya, kami sangat apresiasi sekaligus berterimakasih atas kepedulian kawan-kawan dari PWI ini. Apalagi ditengah susahnya mencari masker ini, sesama profesi menunjukkan kekompakkan untuk saling membantu,”kata Ahmad, Senin (20/4).

Lebih lanjut pria yang akrab disapa Pohan itu menjelaskan, peran para jurlias sangat penting di tengah pandemic coronavirus ini. Peran itu tidak hanya sekedar informasi terkait pasien covid-19. Namun media juga berperan dalam mengawasi anggaran covid-19 supaya tepat sasaran.

“Anggaran covid-19 ini kan mencapai ratusan milliar rupiah. Jadi jangan sampai disalah gunakan oleh oknum anggaran itu. Karena anggaran kemanusiaan ini sangat diharapkan masyarakat yang terdampak. Apalagi setiap hari wabah ini makin merebak, secara otomatis makin banyak warga ikut terdampak. Tentunya secara bersama kita harus berperan aktif,”ungkapnya.

Terpisah, ketua PWI TPI-Bintan, Zakmi mengatakan pemberian masker ini sebagai bentuk dukungan PWI terhadap sesama pforesi. Hal ini sesuai dengan protocol kesehatan yang ditetapkan pemerintah.

“Ini (pemberian masker) sebagai bentuk dukungan PWI terhadap sesama wartawan agar tetap semangat serta mengikuti protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah. Sebelumnya kita ada bagi bagi sanitizer juga untuk wartawan PWI. Kemudian, masker kita bagikan untuk semua wartawan yg membutuhkan,”kata Zakmi.

“Dalam waktu dekat kita juga akan membagikan masker untuk wartawan dan masyarakat dengan menggandeng pihak ke tiga. Dan terkahir untuk kawan-kawan sesama profesi, semoga tetap semangat dalam bertugas sehingga setiap informasi yang disajikan tetap akurat dan sesuai kode etik jurnalis. Dengan demikian, peran media yang dipercayakan sebagai yang terdepan dalam melawan hoax dapat tercapai,”pungkasnya. (Ndn)

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY