BERBAGI
Cuplikan Foto Lumpur Lapindo

Bagi saya, lumpur Lapindo ini bukan hal baru. Karena pada saat lokasi ini mulai mengeluarkan muntahan lumpur, sekitar 2006 saya berada di Surabaya, Jawa Timur. Kerja di salah satu Kafe yang ada di Mall Tunjungan Plaza.

Akibat luapan lumpur panas ini dulunya, setiap saya ke Malang ketempat saudara saya di Bandulan Malang ikut menanggungnya. Pasalnya, jalanan macet total hingga mencapai 2 atau 3 km panjangnya.

Sekedar info, bagi anda yang belum pernah ke tempat ini, dari kota Surabaya menuju lokasi tidak begitu jauh. Butuh antara 30 menit hingga 1 jam. Tergantung macet atau tidaknya.

Tiba di sana ada beberapa posko menju lokasi yang berada persis di daerah Porong itu anda akan dimintai Rp 10 ribu per orang biaya karcis. Sedang biaya parkiran tidak ada.

Memasuki area lumpur, bau lumpur capur minyak pertama kali tercium. Kemudian, semakin dekat lumpur itu terlihat bagai danau yang sangat luas.

Wisatawan tidak disarankan untuk masuk kedalam lumpur. Karena selain panas, tanggul lumpur  itu mencapai 5 meter. Jadi perkiraan, kedalaman lumpur itu mencapai 4 meter lebih. Dan hal ini cukup menenggelamkan orang dewasa sekalipun.

Disekitar pinggiran lumpur terdapat beberapa warung penjual kopi dan makanan ringan seperti camilan dan indomie.

Mengenai informasi seputar lumpur, anda bisa tanyakana pada warga sekitar lumpur. Dan mungkin juga anda akan ditawari membeli CD berisikan kisah dibalik lumpur itu seharga Rp 50 ribu.

Ke istimewaan wisata ini adalah terletak pada pemandangan lumpur yang terbentuk bagai lautan. Terkadang, lumpur itu terlihat lembab, dan terkadang juga terlihat mengering. Hanya saja, dibawah lumpur itu masih banyak yang lembek dan bisa menenggelamkan orang.

Di sana teradapat banyak tempat untuk berselfie ria. Karena pandangan atas luasnya lumpur itu sangat jarang ditemukan di seluruh bumi ini.

Masih banyak di sana tempat yang bisa anda kunjungi yang tak kalah menarik dengan tempat wisata lain. Jadi bagi anda yang penasaran, khususnya pemburu tempat tempat unik-uniik, maka ini lah tempatnya.

Sekian dulu acara ngopi dan ngobrol kita. Dan jika anda ingin menyaksikan videonya Klik Disini

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY