BERBAGI

CENTRALBATAM.CO.ID, JAKARTA-Para penderita mata minus mungkin percaya, jika menggunakan kacamata terus-menerus bisa membuat minus di mata kian bertambah.

Hal ini dipercaya akibat otot yang tadinya sudah menyesuaikan diri justru akan membuat minus mata menjadi lebih parah karena penggunaan kacamata.

Menanggapi hal itu, dr Tri Rahayu, SpM, FIACLE saat ditemui dalam acara seminar dan workshop ‘Kiat Mengatasi Ketergantungan Anak pada Kacamata dan Gadget’ di RS Jakarta Eye Center, Kedoya, Jakarta Barat, Sabtu (3/9/2016) mengatakan bahwa anggapan tersebut tidaklah benar.

“Itu tidak benar, jika ada yang mengatakan kacamata buat minus bertambah. Kenyataannya minus bertambah akibat ukuran bola mata semakin panjang,” ungkap dr Tri Rahayu, SpM, FIACLE.

Apabila tubuh semakin tinggi, bola mata juga akan semakin panjang dan minus pada mata juga akan semakin meningkat. Selain itu, pertambahnya minus juga disebabkan oleh terlalu lama melihat dengan jarak yang dekat.

“Maka dari itu tidak ada pengaruh sama sekali antara kacamata dengan penambahan minus mata,” jelas dr Tri.

Selain itu, sering melepas kacamata juga dipercaya dapat menyebabkan minus menjadi semakin parah. Hal tersebut juga dibantah oleh dr Syumarti, SpM(K), MSc, CEH dari RS Mata Cicendo Bandung.

Menurut dr Syumarti, minus mata seseorang tidak akan terpengaruh dengan seberapa sering ia melepas kacamatanya. Mata minus baru akan memburuk karena beberapa faktor seperti usia, terutama anak-anak yang memang kondisi minus matanya akan terus bertambah.

“Itu mitos ya. Biasanya itu hanya terjadi pada anak-anak yang masih masa pertumbuhan. Mereka biasanya minusnya naik, dikira orang-orang mungkin karna sering melepas kacamatanya,” tutur dr Syumarti saat dihubungi beberapa waktu lalu.‎

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY