BERBAGI
Ilustrasi

CENTRALBATAM.CO.ID, PADANG-Bencana gempa bumi kembali mengguncang wilayah Padang, Provinsi Sumatera Barat, Minggu (10/7/2016) sore tadi, sekitar pukul 16.31 WIB.

Dari hasil analisis Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pusat memaparkan, gempa tersebut merupakan gempa tektonik yang terjadi akibat pergerakan lempeng aktif (sesar aktif).

Adapun kekuatan getaran gempa, yakni mencapai magnitude (M=5,4) Skala Richter (SR).

Sementara, lokasi atau pusat (Episentrum) gempa bumi ini ada di koordinat 0,21 LU dan 100,08 BT, tepatnya di darat pada jarak sekitar 10 kilometer arah Barat Daya Kota Pasaman, Sumbar pada kedalaman Hyposentrum 10 kilometer. 

“Berdasarkan analisis peta guncangan (shakemap) BMKG, tampak guncangan yang dihasilkan oleh sesar atif ini dirasakan di Pasaman dan sekitarnya dalam skala intensitas II SIG-BMKG (IV MMI), kemudian juga dirasakan di Padang Panjang, Sicincin, Payakumbuh, Bukit Tinggi, Tanah Datar dalam intensitas II SIG-BMKG (III MMI), serta di Padang dan Pakanbaru intensitas I SIG BMKG (II MMI),” kata Daryono, Kepala Bidang Mitigasi, Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Pusat.

Dikatakannya juga, untuk wilayah Pasaman dan sekitarnya, gempa bumi dirasakan cukup kuat oleh warga. Sementara benda-benda yang tergantung spontan terlihat berayun dan jendela kaca bergetar. 

“Dari hasil analisis BMKG pula menunjukkan, bahwa gempa bumi yang terjadi ini merupakan gempa bumi dengan kedalaman dangkal akibat aktivitas sesar aktif. Sesar aktif yang dimaksud adalah zona Sesar Sumatera (Sumatera Fault Zone). Dugaan kuat segmen yang aktif dan memicu gempa bumi saat ini adalah segmen Sesar Sumpur dengan laju geser 1 cm per tahun,” ujarnya.

Sementara, Kepala Stasiun BMKG Hng Nadim Batam, Philip Mustamu, turut membenarkan kabar menggemparkan tersebut.

Melalui data yang juga diterimanya dari BMKG Pusat, ia memaparkan bahwa gempa yang terjadi di Padang memang karena pergerakan lempeng.

“Ya, sesuai dengan yang disampaikan BMKG Pusat, ini terjadi karena pergerakan lempeng di Sumatera (Sesar aktif),” tegas Philip, saat dikonfirmasi.

 

Penulis Junedy Bresly

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY