BERBAGI
Para pekerja sedang melakukan pelebaran jalan di Kota Batam beberapa waktu lalu | Foto : Ned

CENTRALBATAM.CO.ID, BATAM-Wakil Walikota Batam, Amsakar Achmad mengapresiasi kinerja Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang membuat terobosan satu tahun terakhir.

Ada dua bidang yang tampak hasil kerjanya menurut Amsakar, yaitu pembangunan infrastruktur dan e-government termasuk di dalamnya transparansi anggaran.

“Banyak OPD yang sudah buat terobosan membanggakan. Bina Marga, Cipta Karya, dalam pelebaran jalan. Sekarang juga sudah siapkan tambahan peralatan untuk atasi banjir,” kata Amsakar, Senin (6/3/2017).

Terkait pelayanan pemerintah secara elektronik, beberapa hal sudah dilakukan di Batam. Seperti pelaksanaan musyawarah perencanaan pembangunan (musrenbang) yang kini mengadopsi sistem e-musrenbang. Kemudian penganggaran di Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) sudah gunakan e-budgetting.

Baca Juga:  AKP Monang; Lindungi Diri Dari Covid-19 Dengan Vaksin Dari Pemerintah

“Pajak online juga ada penambahan objek pajak, seperti restoran, hotel, tenaga kerja asing, untuk tambahan yang sebelumnya PBB BHPTB,” kata dia.

Menurut Amsakar, terobosan-terobosan seperti ini yang diharapkan dari OPD. Karena jika hanya terpaku pada tugas pokok dan fungsi (tupoksi) maka tidak bisa berkreasi, tak ada terobosan.

“Alhamdulillah OPD beri dukungan cukup menggembirakan. Kita harapkan empat tahun berikutnya lebih banyak terobosan yang kita buat,” ujarnya.

Amsakar mengatakan selama satu tahun kepemimpinan Rudi-Amsakar, OPD sudah banyak membantu dalam realisasikan janji ke masyarakat. Seperti pelayanan publik lebih dekat ke masyarakat dengan memindahkan layanan KTP ke kecamatan.

Kemudian tanggungjawab pengangkutan sampah dari perumahan ke tempat pembuangan sementara juga sudah diserahkan ke kecamatan. Kecamatan juga sudah memiliki delapan layanan yang sifatnya online, seperti surat keterangan pencari kerja, domisili, dan sebagainya.

Baca Juga:  Polres Bintan vs Polsek Jajaran: Skor 2-1

“Janji kami untuk peningkatan kualitas sumber daya manusia juga sudah kami selesaikan. Tahun ini Rp 1,2 miliar dianggarkan untuk anak-anak kita yang lulus di lima universitas terbaik,” kata Amsakar.(mcb/ctb)

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY