BERBAGI

CENTRALBATAM.CO.ID, BATAM-Seorang mahasiswa disalah satu Perguruan Tinggi di Sumatera diamankan di Bandara Internasional Hang Nadim, Batam, sore tadi, sekitar pukul 15.00 WIB, Sabtu (17/7/2016).

Mahasiswa yang diketahui bernama Aulia Rahman ini diamankan, lantaran iseng kepada Pramugari diarmada penerbangan Lion Air JT-229 dengan candaan membawa tas yang berisi ‘bom’.

Karena ulah nakalnya, ia yang hendak berangkat ke Padang ini akhirnya diturunkan paksa dan diamankan, oleh jajaran petugas keamanan bandara.

Dalam pengamanan, Aulia langsung digiring kedalam ruang pemeriksaan Bandara Hang Nadim dan langsung diinterogasi. Petugas juga melakukan pemeriksaan terhadap seluruh barang bawaannya, namun tidak ditemukan apapun yang berbau bom di dalam ransel dan koper yang dibawa pemuda usil ini.

Saat diinterogasi, Aulia mengaku tidak tahu jika candaannya tersebut berakibat fatal dan mengganggu kenyamanan penerbangan.

Saat dikonfirmasi, Kasi Pengamanan Bandara Internasional Hang Nadim Batam, Setyo Utomo mengatakan, berdasarkan hasil pemeriksaan petugas diketahui pelaku merupakan mahasiswa semester 3 di sebuah kampus swasta di Medan.

Pelaku sebelumnya sudah ditegur pramugari Lion Air di dalam pesawat agar tidak bercanda soal bom, namun tidak diindahkan dan terkesan ngeyel.

Setyo menambahkan, akibat perbuatan itu, tiket penerbangan Aulia hangus. Dia tidak diperbolehkan melanjutkan penerbangan menggunakan Lion Air. Dia juga terancam hukuman penjara.‎

Layaknya kasus-kasus yang juga pernah terjadi sebelumnya, perbuatan pelaku ini bertentangan dengan kenyamanan dan keselamatan penumpang sebelum dan selama perjalanan yang juga diatur dalam UU Nomor 1 Tahun 2009 Tentang Penerbangan.

“Bisa terancam pidana penjara, namun kita lihat bagaimana kondisi dalam pemeriksaan kedepannya,” tegas Setyo.

 

Penulis : Cr1

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY