BERBAGI
warga-toapaya-memotong-hewan-kurban-bantuan-dari-pln

CENTRALBATAM.CO.ID, BATAM-Sering munculnya, juru sembelih dadakan untuk hewan kurban setiap Idul Adha, Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Batam berencana akan melakukan sertifikasi juru sembelih hewan.

“Rencananya MUI akan mengandeng Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanan, untuk melakukan sertifikasi penyembelihan hewan kurban tersebut,” kata Muhammad Santoso, Sekretaris MUI Kota Batam.

Hal ini penting, syarat untuk penyembelihan kurban sering kali diabaikan. Karena beberapa hal penting selalu tidak diinahkan seperti metode penyebelihan hewan kurban, b aik sapi, domba maupun kambing, mestilah dalam satu kali ayunan.

Selain memperhatikan syarat dalam satu kali ayunan, pisau yang digunakan harus tajam, temasuk memperhatikan faktor higienis. Ini harus menjadi perhatian juru sembelih.

“Hembusan nafas hewan kurban saat mau disembelih harus diperhatikan juru sembelih. Tujuannya, agar darah hewan kurban tak terserap ke pembuluh darah dan daging. Hewan yang dikurbankan mestilah hewan yang sehat dan lengkap,” katanya.

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY