BERBAGI
Kabid Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan (Piak) Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Batam, Nur Hasanah

CENTRALBATAM.CO.ID, BATAM-Mulai 1 Mei 2018, Surat Keterangan (Suket) sebagai pengganti Kartu Tanda Penduduk elektronik (KTP-el) tidak lagi berlaku terhitung sejak bulan Mei 2018 ini. Tidak berlakukunya Suket ini karena sebaran blanko KTP elektronik (e-KTP) sudah bisa memenuhi kebutuhan pembuatan KTP-el di seluruh Indonesia.

Kabid Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan (Piak) Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Batam, Nur Hasanah mengatakan tidak berlakukunya Suket sesuai dengan arahan dari Direktorat Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil (Ditjen Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

“Terhitung mulai Mei ini kita sudah tidak memberlakukan Suket lagi, dari kita di sini sudah menyediakan blanko KTP-el dan masyarakat langsung bisa melakukan perekaman,” kata Nur Hasanah.

Dia mengatakan jika nantinya di lapangan menemukan masyarakat masih menggunakan Suket, maka itu adalah Suket lama yang pembuatannya sebelum bulan April 2018. Jika dalam keterangan Suket tersebut dibuat pada April atau Mei 2018 maka itu tudak dikeluarkan dari Disdukcapil.

“Kalau itu masih dipakai, berarti itu palsu karena kita tidak mengeluarkan Suket lagi. Bisa juga itu adalah suket lama yang dipakai,” kata Nur.

Meskipun demikian, Nur Hasanah mengaku masih memaklumi kalau ada masyarakat yang menggunakan Suket, karena memang informasi tersebut belum tersebar secara luas. Saat ini pihaknya terus menyampaikan informasi perihal ketersediaan blanko KTP-el yang sudah memadai di semua kecamatan yang ada di Batam.(*)

BAGIKAN

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY