BERBAGI
Peserta foto bersama di agenda Rakernas Kementerian Keuangan yang dilakukan beberapa waktu lalu

CENTRALBATAM.CO.ID, BATAM – Badan Pengusahaan (BP) Batam kembali dianugerahi penghargaan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) untuk keenam kalinya.

Anugerah itu diberikan untuk laporan keuangan BP Batam tahun 2021 lalu pada puncak acara Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Kementerian Keuangan Republik Indonesia, Kamis (22/9/2022).

Berlangsung di Gedung Dhanapala, Jakarta, Menteri Keuangan, Sri Mulyani, berkesempatan untuk memberikan penghargaan kepada masing-masing instansi yang berprestasi.

Untuk diketahui, BP Batam sendiri telah mempertahankan Opini WTP selama lima kali berturut-turut sejak tahun 2017 silam.

Alhasil, Sri Mulyani pun menyampaikan rasa terima kasihnya kepada seluruh instansi yang sukses mempertahankan kinerja tersebut.

Apalagi sangat berkaitan dengan akuntabilitas pelaporan keuangan dan memperkuat akuntabilitas kinerja di pemerintahan pusat ataupun daerah.

Baca Juga:  KPK Sedih Hakim Agung Ditangkap, Mata Uang Asing Ikut Disita

“Selamat atas pencapaian yang telah diraih untuk entitas yang laporan keuangannya mendapat opini WTP. Ini adalah pencapaian yang luar biasa,” ujar Sri Mulyani dalam keterangan tertulis.

Ia juga berharap, para entitas yang telah mendapatkan anugerah dapat mengawal akuntabilitas laporan keuangan dan kinerja ke depannya demi pemulihan ekonomi nasional.

“Apresiasi saya sampaikan, telah turut membangun dan mengelola keuangan negara secara akuntabel, transparan dan bertanggung jawab, dan tidak hanya status semata tapi juga kita harapkan dapat berkontribusi mengawal APBN/APBD bermanfaat memecahkan persoalan bangsa,” tambahnya.

Merespons ini, Anggota Bidang Administrasi dan Keuangan BP Batam, Wahjoe Triwidijo Koentjoro, yang turut hadir dan menyaksikan agenda, berharap agar capaian tersebut dapat terus dipertahankan sejalan dengan peningkatan akuntabilitas dan kinerja selama ini.

Baca Juga:  Satu Paket Dijual Rp 200 Ribu, Satresnarkoba Polres Tanjungpinang Tangkap Pria Pengedar Sabu

“Tidak berpuas diri tentunya, kita harus mampu melaksanakan amanah ini, melaksanakan kinerja dan pengelolaan keuangan secara akuntabel dan bertanggung jawab, sehingga target kita adalah meningkatkan kinerja dan laporam keuangan BP Batam yang akuntabel dan transparan,” katanya.

Dirinya juga mengimbau agar seluruh jajarannya dapat memaknai ini dengan menjalankan tugas secara baik dengan jujur, profesional dan tanggung jawab.

Rakernas Akuntansi dan Peloporan Keuangan Tahun 2022 sendiri dihadiri 82 Kementerian Negara / Lembaga Pemerintah serta pemerintah daerah.

Acara dibalut dengan pemberian penghargaan kepada entitas peloporan peraih Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dengan sejumlah kategori, seperti : Opini WTP untuk laporan keuangan tahun 2021, Opini WTP minimal 5 kali berturut-turut yang diberikan melalui video announcement dan penganugerahan secara langsung diberikan kepada entitas peraih Opini WTP minimal 10 kali berturut-turut; Opini WTP minimal 15 kali berturut-turut. (dkh)

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY