BERBAGI

CENTRALBATAM.CO.ID, JAKARTA-Setelah resmi diluncurkan, All New CBR250RR banyak diklaim sebagai sepeda motor sport pertama yang mengusung konsep ‘Super Sport’.

Menilik lebih dalam, gaya dan desain model ini terlihat lebih disesuaikan dari evolusi tiap fungsi bersama dengan pengembangan teknologi terkini.

Honda mengusung tema desain ‘Speed Shape’ menghadirkan tampilan menarik dan fungsional sehingga memberikan kesenangan pengalaman berkendara bahkan sebelum motor ini dikendarai.

All New CBR250RR memiliki desain tajam, terlihat dari sisi bawah, bagian depan merunduk hingga buritan belakang meruncing sehingga menghadirkan style posisi berkendara yang agresif dalam mengendalikan mesin baru yang lebih bertenaga.

Tampilan depan All New CBR250RR double silinder | Foto : Dok.
Tampilan depan All New CBR250RR double silinder | Foto : Dok.

Proporsi besar di bagian depan tampak menghadirkan tampilan garang seperti pemangsa yang siap menerkam.

Konfigurasi part baru diadopsi untuk mewujudkan konsep original Honda ‘Layered cowl’. Itu untuk mengoptimalkan aliran udara saat berkendara yang membantu proses pendinginan mesin dan juga berkontribusi pada pengendalian yang optimal.

Kemudahan bermanuver dari motor supersports dipengaruhi oleh pengendara saat melakukan kontrol keseimbangan bobot sesuai yang dikehendaki. Untuk memaksimalkan kebebasan mengontrol keseimbangan bobot pengendara, jok pengendara di bagian depan diperkecil. Karakter proporsional dari motor ini dicapai dari power unit layout yang compactdan truss frame terbaru yang terlihat semakin gagah.

Honda generasi terbaru ini mengadopsi LED di semua sistem pencahayaan. Selain itu, velg dengan 7-Spoke yang didesain secara eksklusif juga menghiasi bagian motor sport ini.

Secara keseluruhan menghasilkan pemusatan bobot yang ideal sehingga tercipta manuver sempurna All New Honda CBR250RR.

Honda CBR250RR ini menggunakan mesin baru DOHC 4-valve twin-cylinder. Mesin yang compact, merupakan dasar yang penting untuk menghadirkan model ini.

Tampilan blok mesin All New CBR250RR double silinder | Foto : Dok.
Tampilan blok mesin All New CBR250RR double silinder | Foto : Dok.

Sayangnya, Honda belum mau merilis data tenaga dan torsi mesin tersebut. Sebabnya, Honda masih mengembangkan motor ini sampai dikirim ke diler di kuartal akhir tahun ini.

“Untuk saat ini, event ini kami adakan lebih cepat daripada biasanya. Sehingga positioning event hari ini kami ingin menyampaikan kabar gembira lebih cepat sehingga dari segi spesifikasi dan arga belum bisa kami infokan secara fixed,” kata Direktur Pemasaran AHM, Koji Sugita menjelaskan.

Banyak teknologi yang diterapkan seperti meletakkan primary driver gears ke dalam cam chain, oil pump di sisi kanan yang terintegrasi dengan mesin, menempatkan saluran pernapasan mesin di belakang silinder, dan meletakkan water pump di kepala silinder seperti yang diterapkan di RC213V.

Lebar mesin baru 2 silinder ini hampir sama dengan mesin 1 silinder di kapasitas yang sama. Lebar yang hampir sama itu bisa terwujud berkat teknologi yang diterapkan di mesin baru ini.

Bagian penting lain di layout power unit yaitu Downdraft air intake. Air cleaner dipindahkan dari posisi biasa di belakang silinder menjadi di atas silinder, resistensi asupan udara telah berkurang dan memberikan kontribusi optimal di seluruh rentang kecepatan. Jok pengendara yang diperkecil juga memberikan kebebasan maksimal saat melakukan pengendalian.

Tampilan All New CBR250RR double silinder | Foto : Dok.
Tampilan All New CBR250RR double silinder | Foto : Dok.

Target tim development untuk mencapai karakter motor yang menjadikan pengendara mampu mengontrol sesuai dengan keinginannya dalam berbagai kondisi di setiap kecepatan mesin.‎

‎Untuk menghadirkan pengendalian optimal bagi pengendara, Honda telah mengaplikasikan teknologi terkini yakni throttle-by-wire atau yang dikenal sebagai TBW. All New Honda CBR250RR merupakan model pertama di kelasnya yang mengaplikasikan sistem TBW. Model ini menghadirkan akselerasi halus dan stabil yang lebih presisi.

Accelerator Position Sensor (APS) yang diletakkan di sisi kiri gas akan mendeteksi secara otomatis putaran tuas gas dan mengirimkan signal elektrik ke ECU. Sistem ini juga diaplikasikan di RC213V.

Untuk memaksimalkan fungsi dari TBW, dilengkapi juga riding mode selector. Dengan fungsi itu, pengendara dapat menikmati berkendara di berbagai kondisi jalan.

All New Honda CBR250RR tersedia dengan 2 tipe yakni STD (standar) dan ABS dengan pilihan warna Honda Racing Red, Anchor Graymetallic dan Mat Gunpowder Black Metallic. Model ini akan dikirim ke konsumen di akhir tahun 2016 yang sudah mulai dapat dipesan di jaringan Wing Dealer Honda yang tersebar di seluruh Indonesia.

AHM telah menyiapkan 10 item Honda Genuine Accesories (HGA) seperti Tank Pad, Radiator Protector, Single Seat Cowl, Eliminator Fender, Aero Fin, Hand Guard, Fr Fender Carbon, Hugger Carbon, Cover Upper Tank Carbon dan Cover Muffler Carbon. Honda juga menawarkan kelengkapan berkendara dengan apparel Honda berupa Leather Jacket, Helm Fullface, Leather Glove dan T-Shirt. Keseluruhan HGA dan apparel tersebut tersedia di jaringan Wing Dealer Honda per akhir 2016.

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY