BERBAGI
Kapolda Kepri, Irjen Pol Dr. Arus Budiman (kiri), Wali Kota Batam, Muhammad Rudi (tengah), Menhub Budi Karya memantau langsung arus balik kepulangan PMI di ruang kedatangan Pelabuhan Ferry Internasional Batam Center, Batam, Sabtu (1/5/2021).

CENTRALBATAM.CO.ID, BATAM – Menteri Perhubungan (Menhub), Ir. Budi Karya Sumadi, didampingi Kepala Kepolisian Daerah Kepulauan Riau (Kapolda Kepri), Irjen Pol Dr. Aris Budiman, dan Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, meninjau kepulangan Pekerja Migran Indonesia (PMI) melalui Pelabuhan Ferry Internasional Batam Center, Batam, Sabtu (1/5/2021).

Peninjauan itu, mulai dari turunnya PMI dari kapal, pengecekan kesehatan, hingga berdialog langsung dengan pahlawan devisa tersebut.

Menteri Perhubungan mengatakan, Tim Kelompok Kerja (Pokja) penanganan Covid-19 di Wilayah Kepulauan Riau sudah menjalankan tugasnya dengan baik terlihat dari kerjasama antarinstansi yang terjalin.

“Dalam hal ini, kita semua sudah sepakat akan menyediakan fasilitas bagi mereka yang memiliki kemampuan akan menggunakan pesawat dengan waktu dan tempat yang telah ditentukan dan disesuaikan,” ujar Menhub Budi Karya.

Baca Juga:  Cegah Penyebaran Covid-19, Pegawai BP Batam Dilarang Berpergian ke Luar Daerah

“Untuk saudara kita yang ingin menggunakan kapal laut, juga akan kita siapkan kapal yang bersubsidi dan untuk  jenis kapalnya segera akan kita umumkan pada besok pagi,” kata Menhub Budi Karya.

Menhub Budi Karya mengapresiasi kinerja Tim Satuan Tugas (Satgas) Kepulangan PMI. Usai meninjau, Menteri Perhubungan menilai semua sudah dilakukan dengan baik, bahkan dinilai sangat kompak.

“Untuk kepulangan ke daerah masing-masing di luar Kepri usai menjalani karantina, diberikan keleluasaan pada PMI sendiri,” katanya.

‘Bisa menggunakan transportasi udara atau melalui jalur laut. Khusus jalur laut, nantinya akan disediakan kapal yang harga tiketnya akan disubsidi pemerintah,” jelasnya.

Sementara Wali Kota Batam Muhammad Rudi mengaku, pihaknya telah membentuk tim tingkat kota yang dipimpin Komandan Distrik Militer (Dandim) 0316/Batam, Letnan Kolonel (Letkol) Kav Sigit Dharma Wiryawan untuk menangani kepulangan PMI.

Baca Juga:  Awasi Protokol Kesehatan di Kawasan Industri, BP Batam Kerahkan Pegawainya

“Kita terus mendukung apa yang menjadi kebijakan Pemerintah Pusat. PMI yang pulang ke Indonesia melalui Batam, harus mengikuti prosedur yang sudah ditetapkan,” tegas Rudi.

Pelabuhan Ferry Internasional Batam Center, Batam, menjadi salah satu titik arus penumpang dari luar negeri yang masuk ke wilayah Indonesia.

Para Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang kembali ke tanah air pada hari ini langsung dilakukan peninjauan oleh Menteri perhubungan didampingi oleh Kapolda Kepri, Gubernur Provinsi Kepulauan Riau Anshar Ahmad.

Turut hadir mendampingi di antaranya Komandan Resor Militer (Danrem) 033/Wira Pratama (WP) Brigadir Jenderal (Brigjend) TNI Jimmy Ramoz Manalu, Wali Kota Batam Muhammad Rudi, Pejabat Utama (PJU) Kepolisian Daerah (Polda) Kepri dan Kepala Kepolisian Resor Kota (Kapolresta) Barelang Polda Kepri Kombes Pol Yos Guntur Yudi Fauris Susanto. (ilham)

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

Tinggalkan Balasan