BERBAGI
Bhabinkamtimas Polres Bintan saat memasang spanduk di lokasi rawan karthula

CENTRALBATAM.CO.ID, BINTAN –Memasuki musim kemarau, jajaran Polres Bintan memberikan himbauan kepada agar mewaspadai kebakaran hutan dan lahan (karthula)

Hal ini disampaikan melalui sejumlah Bhabinkamtimas di wilayah kerjanya.

“Saat ini sudah beberapa kali terjadinya kebakaran Hutan dan lahan dan belum diketahui penyebab kebakaran tersebut sehingga menimbulkan kerugian negara meskipun tidak ada korban jiwa namun sudah membahayakan jiwa dan materi. Untuk itu mari kita secara bersama – sama mencegah terjadinya Karthula ini,” ujar Kapolres Bintan Akbp Tidar Wulung Dahono melalui Bhabinkamtimas Gununglenkuas Polsek Bintim, Bripka Indra Laksamana saat datang memberikan sosialisasi pada warga, Senin (17/1).

Lebih lanjut ia menjelaskan, Bhabinkamtibmas selaku garda terdepan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat berperan aktif memberikan himbauan kepada masyarakat agar membuka lahan tidak dengan cara membakar.

Baca Juga:  Box Culvert jalan Acehan mulai Digarap Tim Satgas TMMD

Selain dari pada memberikan himbauan secara langsung juga dipasang spanduk himbauan dengan harapan masyarakat mengerti bahwa membuka lahan dengan cara membakar dapat diancam dengan Undang-Undang No. 32 Tahun 2009. Dimana, pada bunyi UU itu menjelaskan tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup dapat dipidana dengan ancaman hukuman 10 tahun penjara dan denda sebanyak 10 Milyar.

“Kami polres Bintan tidak bisa bekerja sendiri namun perlu kerjasama dengan stake holder lainnya untuk mengantisipasi masalah kebakaran karhutla tersebut. Kami bukan Superman Tapi Kita adalah Supertim,” sebutnya.

Pada kesempatan itu juga ia berpesan apabila menemukan atau adanya kejadian kebakaran hutan ataupun lahan agar sesegera mungkin menginformasikan kepada Polisi terdekat agar dapat dicegah meluasnya kebakaran tersebut. (*)

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY