BERBAGI

CENTRALBATAM.CO.ID, BATAM-Puncak arus mudik kian meninggi, Senin (4/7/2016) pagi. Terpantau di Pelabuhan Domestik Sekupang (PDS) dan Bandara Internasional Hang Nadim Batam, lonjakan pemudik yang hendak keluar dari Batam terus memadati setiap sisi ruang tunggu.

Menanggapi hal itu, Kepala Stasiun Badan Meneorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Hang Nadim Batam, Philip Mustamu mengatakan. Para pemudik yang hendak berangkat, perlu mengetahui kondisi cuaca dikota-kota yang dituju.

“Untuk kenyamanan selama perjalanan, perlu diperhatikan kondisi cuaca kota tujuan. Ini sangat penting, agar kita tahu mempersiapkan apa yang diperlukan selama perjalanan alias mudik,” kata Philip Mustamu, Kepala BMKG Batam, saat dikonfirmasi.

Dikatakannya juga, untuk menambah kenyamanan pemudik selama dalam perjalanan. Pihaknya telah menyediakan prakiraan cuaca, untuk wilayah Kota Batam dan beberapa wilayah tujuan para pemudik.

“Untuk informasi lebih jelas mengenai kondisi cuaca di rute pemudik, bisa diakses di situs:(hangnadim.kepri.bmkg.go.id),” ungkapnya.

Dikatakannya juga, untuk hari ini, beberapa Kota yang terpantau di BMKG Batam tampak cerah dan beberapa lainnya berawan.

Mulai dari Kota Batam (Berawan), Tanjungpinang, Bintang, Karimun, Ranai, Tarempa, dan Daik Lingga terpantau berawan.

Sementara untuk Kota Dumai dan Selat Panjang, terpantau Cerah Berawan.

Selain itu, untuk Kota Pekanbaru, Bangkinang, Rengat, Bengkalis, Tembilahan, Pangkalan Kerinci, Teluk Kuantan, Pasir Pengaraian, Bagan Siapi-api dan Siak Sri Indrapura juga terpantau Cerah Berawan.

Daftar kota tujuan Pemudik lengkap dengan kondisi cuaca dan pergerakan arah angin | Foto : Junedy Bresly Via BMKG Hang Nadim, Batam
Daftar kota tujuan Pemudik lengkap dengan kondisi cuaca dan pergerakan arah angin | Foto : Junedy Bresly Via BMKG Hang Nadim, Batam

Dalam cuaca ini, kondisi angin juga berhembus dari berbagai arah diberbagai kota dengan kecepatan hembusan angin yang bervariatif. Mulai dari 18 Km/jam dari arah Tenggara untuk Kota Batam dan 14 Km/jam dari arah Selatan, untuk Kota Pekanbaru.

“Intinya, untuk wilayah Kepri dan Riau, hari ini Senin (4/7/2016) masih terpantau berawan, hingga cerah berawan,” ujarnya.

Philip mengatakan, dengan kondisi cuaca yang tidak terlalu buruk dan mendukung seperti  saat ini. Sangat tepat bagi Pemudik yang hendak pulang kekampung halaman masing-masing, untuk segera berbenah.

Pergerakan awan di Indonesia, khususnya Kepri dan Batam | Foto : Junedy Bresly Via BMKG Hang Nadim, Batam
Pergerakan awan di Indonesia, khususnya Kepri dan Batam | Foto : Junedy Bresly Via BMKG Hang Nadim, Batam

Kondisi ini dinilai baik, karena tidak ada atau sangat sedikit gangguan dari cuaca di Kepri maupun di wilayah Riau yang bisa menghambat perjalanan pemudik.

“Kalau mau mudik, cuacanya mendukung. Saran saya, tetap hati-hati dalam perjalanan,” ungkapnya.

Dalam kondisi ini, cuaca yang telah terpantau bisa sekejap saja berubah. Ini juga dibenarkannya, lantaran pola belokan angin yang membawa massa air masih terjadi.

“Ya, bisa saja berubah jadi mendung dan bisa saja cerah tanpa awan. Apapun hasilnya, kita tetap akan beritahukan ke masyarakat,” tandasnya.

 

Penulis : Junedy Bresly

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY