BERBAGI

CENTRALBATAM.CO.ID, BATAM – Massa udara di Provinsi Kepri, khususnya Batam kian meningkat dalam beberapa hari terakhir. Kondisi ini pula, yang menyebabkan Batam kerap dilanda hujan dengan intensitas ringan, sedang, bahkan lebat.

Seperti yang terjadi siang ini, Kamis (30/3/2017). Penampakan awan gelap pekat tampak melingkupi Batam, kemudian sekitar pukul 12.02 WIB hujan lebat disertai kilat dan guntur mulai mewarnai.

Tingginya intensitas hujan di Batam, diketahui karena tingginya massa udara.

“Massa udara ialah kumpulan uap air yang mengalami akumulasi. Kumpulan uap itu kemudian berakumulasi menjadi awan konvektif yang banyak mengandung massa udara,” kata Philip Mustamu, Kepala Kantor Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Hang Nadim, Batam, saat dikonfirmasi tim Central Bartam, Kamis siang.

Penumpukan massa udara inilah, yang selanjutnya membentuk awan-awan konvektif dan menjadi pemicu turunnya hujan.

Kondisi rawan hujan, juga kian memburuk dengan bergulirnya hembusan angin dari arah Barat Daya menuju Utara dan Timur Laut. Sebagaimana diketahui, hembusan angin dari Selatan dan Barat Daya Indonesia kaya akan uap air.

“Di sana kan (Selatan Indonesia, red) notabenenya perairan. Ada samudera luas, jadi wilayah itu mengalami pemaparan panas matahari yang kemudian menyebabkan penguapan,” ungkapnya.

“Penguapan besar-besaran ini kemudian mengarah ke Kepri, yang akirnya menyebabkan pembentukan awan konvektif kian subur. Dampak panjangnya, Batam jadi banyak hujannya,” imbuhnya.

Untuk hari ini, lanjutnya. Batam hanya diuyur hujan siang hingga sore hari saja. Sementara, untuk malam, hanya tampak berawan. Untuk esok harinya, Batam berpotensi kembali diguyur hujan.

Namun, Philip menegaskan bahwa prediksi tersebut dapat segera berubah seiring perubahan angin dan cuaca.

“Kemungkinan hujan bisa mengguyur pada saat-saat tertentu. Jadi, kita mengimbau masyarakat untuk tetap berada di dalam ruangan selama berlangsungnya hujan. Jaga kesehatan dan selalu update info terbaru yang kami sediakan,” tutupnya.

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY