BERBAGI
ilustrasi ujian nasional menggunakan akses jaringan telkomunikasi

CENTRALBATAM.CO.ID, KARIMUN – Sekitar 10.376 siswa Sekolah Menengah Atas (SMA/sederajat) di Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), dijadwalkan mengikuti Ujian Akhir Sekolah (UAS) semester genap pada 20 Maret 2017. Seluruh peserta itu pun dinyatakan siap menjalani seluruh mata uji yang ada.

Saat dikonfirmasi, Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kabupaten Karimun, Bakri Hasyim turut membenarkan kondisi tersebut. Menurutnya, siswa yang akan mengikuti UAS sebanyak itu merupakan siswa dari 33 SMA, termasuk Madrasah Aliyah, SMK dan SMA Luar Biasa.

“Ya, itu (10.376 siswa, red) berdasarkan data yang ada. dari SMA dan sederajad. Ada 33 sekolah,” kata Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kabupaten Karimun, Bakri Hasyim, saat dikonfirmasi.

Baca Juga:  Rapat Terkait Kerusakan Infrastruktur Akibat Hujan, Apri Sujadi ; Semua Sepakat Pulihkan Yang Rusak

Dijelaskannya, setiap sekolah telah dan terus melaksanakan kegiatan uji coba dengan mendalami setiap mata pelajaran studi yang akan diujikan, terutama mata pelajaran yang relatif sulit. Mata pelajaran yang diujikan dalam UAS, tuturnya, antara lain Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, IPA, IPS, Matematika dan kejuruan bagi siswa SMK.

“Dari enam mata pelajaran itu, Matematika masih menjadi mata pelajaran tersulit. Karena itu, kami sudah menginstruksikan kepada pihak sekolah untuk lebih memperdalam Matematika kepada para siswa,” ujarnya.

Dikatakannya, pelaksanaan UAS SMA/sederajat sepenuhnya menjadi kewenangan Dinas Pendidikan Provinsi Kepri. Namun, dia tetap memantau kesiapan siswa dan mengimbau kepada orang tua atau wali murid untuk mengawasi anaknya agar benar-benar mempersiapkan diri mengikuti ujian tersebut.

Baca Juga:  Pasca Bencana Tanah Longsor, Danramil 01/0315 Kerahkan Anggot Goro

Selain mempersiapkan diri agar mampu menguasai kisi-kisi soal pada setiap mata pelajaran, masing-masing siswa dia imbau agar menjaga kesehatan sehingga bisa mengikuti ujian sesuai jadwal yang telah ditentukan. “Setelah UAS, mereka sudah harus mempersiapkan diri untuk mengikuti Ujian Nasional Kertas-Pena, dan Ujian Akhir Sekolah Berbasis Komputer,” tandasnya.

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY