BERBAGI
Empat kapal ilegal fishing diamankan | Foto Juna

CENTRALBATAM.CO.ID, JAKARTA-Pelasana tugas (Plt) Dirjen Perikanan Tangkap Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI, Zulficar Mochtar mengatakan, saat ini ada sekitar 1.000 unit kapal bantuan KKP untuk nelayan yang sedang dibuat.

Jumlah itu merupakan bagian dari 3.450 unit kapal yang direncanakan untuk bantuan KKP kepada nelayan.

“Kita sudah lakukan purchasing untuk kapal bantuan. Purchasing tahap I dan II itu sekitar 1.000 unit kapal dari sekitar 33 galangan kapal yang lokasinya tersebar di seluruh Indonesia,” ungkap dia di Jakarta, Rabu (31/8/2016).

Zulficar Mochtar menuturkan, waktu pembuatan kapal bervariasi, mulai dari 1 bulan, 2 bulan, hingga 3, tergantung skala dan besarnya.

“Kita harapkan sebelum akhir tahun ini sudah penyerahan. Kapal-kapal tersebut didominasi berukuran kecil, yang berukuran 30 GT itu paling hanya sekitar 30 unit,” kata Zulficar.

Sementara itu, lanjut dia, KKP membuka kesempatan pengajuan izin baru untuk sekitar 1.000 unit kapal, termasuk di dalamnya kapal berukuran 30 gross tonnage (GT) bantuan KKP.

“Untuk pengajuan izin baru, kami terapkan proses due diligence. Kami lakukan verifikasi data dan informasinya. Jangan sampai pemiliknya menggunakan modal asing atau kapal asing. Semua data dan dokumen kami periksa,” ujar dia.

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY