BERBAGI
Proses pematangan lahan dan pemasangan fondasi puskesmas bari di Kelurahan Rempang Cate, Galang, Batam | Foto : Ned

CENTRALBATAM.CO.ID, BATAM-Dalam menyempurnakan pelayanan kesehatan dipelosok Kota Batam, Pemerintah Kota (Pemko) Batam melalui Dinas Kesehatan kembali membangun dan menambah fasilitas kesahatan di Kecamatan Galang, persisnya di Jalan Trans Barelang, Kelurahan Rempang Cate, Galang, Batam.

Adapun penambahan pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) ini, terlihat mulai dikerjakan dengan terlihatnya proses pengerjaan pematangan lahan dan pembuatan fondasi atau dasar bangunan.

Kecamatan Galang sendiri, sebelumnya sudah memiliki puskesmas yang berlokasi di desa Sembulang.

Akan tetapi, kondisi geografis Kecamatan Galang yang terdiri atas pulau-pulau dan kampung yang jaraknya terbilang berjauhan, membuat kehadiran puskesmas tersebut dinilai kurang optimal.

Dalam hal pengoptimalisasian pelayanan kesehatan inilah, Pemerintah sepakat dalam membangun Puskesmas tambahan dilokasi tersebut.

Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kelurahan Rempang Cate, Batam, Suardi turut membenarkan aan pembangunan Puskesmas terbaru ini.

Pihaknya mengaku senang, dengan penambahan fasilitas kesehatan (Puskesmas) ini.

“Kita cukup dan sangat senang, akhirnya masyarakat tidak perlu berjauh-jauhan untuk menuju kepusat pelayanan kesehatan. Sekarang sudah dekat, jadi, jelas sangan membantu sekali,” kata Suardi, Senin (15/8/2016) pagi.

Suardi menambahkan, hadirnya puskesmas yang berlokasi di dekat jalur utama Rempang dan Galang (Relang) ini, dinilai sangat memudahkan masyarakat.

Masyarakat yang berada satu tanah dengan Relang ini, tentunya bisa langsung datang untuk berobat dan merasakan kebolehan pelayanan kesehatan yang disajikan.

Selain itu, Puskesmas yang telah ada didesa Sembulang, dapat dimanfaatkan untuk masyarakat yang berada di pulau-pulau yang terpisah dengan Relang.

“Nanti bisa dibagi dua, di sini buat warga yang dekat-dekat sini, Cate, Pantai Melayu, kampung-kampung yang dekatlah. Kalau di Sembulang itu ngurus orang yang datang dari pulau-pulau, banyak orang Galang ini yang tinggal di pulau” kata Suardi lagi.

Sementara itu, proyek pengerjaan puskesmas ini direncanakan selesai selama 160 hari kalender. Proyek sendiri dikerjakan oleh PT. Buana Mitra Graha dengan nilai kontrak sebesar Rp 9.361.000.000,00,-.

“Belum lama ini, kita baru sekitar sebulan mulai kerja. Ini kita tengah pasang besi untuk fondasi bangunan” kata Ichsan, salah seorang pekerja.

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY