BERBAGI
Plt Lurah Kijang Kota Danil mengukuhan relawan dan peresmian Posko dilaksanakan di Aula Kantor Kelurahan Kijang Kota, Selasa (16/2/2021)

CENTRALBATAM.CO.ID, BINTAN – Lurah Kijang Kota, Babinsa, dan Bhabinkamtibmas melakukan pembentukan Posko Penanganan Covid-19 di tingkat Kelurahan, Kecamatan Bintan Timur.

Langka ini merupakan tindaklanjut dari Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 03 Tahun 2021, tentang pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat berbasis mikro dan pembentukan posko penanganan covid-19 di tingkat Desa atau Kelurahan dalam rangka pengendalian corona.

Menindaklanjuti hal itu Plt Lurah Kijang Kota Danil melakukan pengukuhan relawan dan peresmian Posko yang berlangsung di Aula Kantor Kelurahan Kijang Kota, Selasa (16/2/2021).

Danil mengatakan bahwa pembentukan Posko merupakan tindak lanjut dari Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 3 Tahun 2021, yang nantinya Posko akan digunakan sebagai sarana kegiatan terkait pencegahan, pembinaan, dan penanganan covid-19 tingkat Kelurahan.

Baca Juga:  Diduga Sarat Mark Up, Forkorindo Kepri Soroti Pengadaan Mobil Jenazah

“Kita berharap dengan telah dibentuknya Posko ini bisa bersinergi dengan pihak kepolisian, TNI untuk lebih menekan kasus Covid-19 di Bintan,” katanya.

Lanjutnya, saat ini di wilayah Kelurahan Kijang Kota juga sedang berjalan pembentukan Kampung Tanggguh.

Salah satunya di Kampung Sidodadi RW 020. Di mana di wilayah tersebut yang akan dijadikan pilot project Kampung Tangguh Nusantara di wilayah Kelurahan Kijang Kota.

Kampung Tangguh tersebut meliputi tangguh jasmani rohani, tangguh sosial ekonomi, dan tangguh keamanan.

“Harapan kami ke depan Kampung Tangguh dapat diwujudkan di RW lain, dengan dukungan adanya partisipasi dari masyarakat setempat,” harapnya.

Di tempat yang sama, Bhabinkamtibmas Kelurahan Kijang Kota, Bripka Teddy Saputra menambahkan, bahwa pembentukan Posko tersebut dilakukan secara bersama sebagai implementasi Inmendagri dan Program 100 hari Kerja Kapolri.

Baca Juga:  Jajanan Takjil Menambah Rezeki Sri, Siapkan Aneka Buka Puasa untuk Warga Batam

Yakni dengan meningkatkan dan mengembangkan program kampung tangguh untuk penanganan covid-19 di seluruh daerah.

Posko juga sebagai upaya untuk melakukan pengendalian Covid-19 di tingkat Kelurahan atau Desa, sampai pada level RT, RW.

“Setelah dibentuk, tim Posko akan melakukan rencana aksi yakni melakukan 3 T (Testing, Traching, dan Threatmen), imbauan 3 M, dan kegiatan sosial lainnya,” terangnya.

“Selain sebagai pusat kegiatan, Posko juga sebagai tempat penyimpanan logistik, sarana prasana, dan pusat informasi bagi masyarakat,” tutupnya.(ndn)

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

Tinggalkan Balasan