BERBAGI
Ikon Batam

CENTRALBATAM.CO.ID, BATAM – Jumlah wisatawan mancanegara (wisman) yang berkunjung ke Kota Batam pada bulan Agustus 2019 mencapai 184.077 kunjungan. Jumlah ini mengalami kenaikan sebesar 24,20 persen dibanding jumlah wisman pada bulan sebelumnya.

“Tapi untuk kunjungan wisman, biasanya dibandingkan dengan bulan yang sama tahun sebelumnya. Apabila dibandingkan dengan Agustus 2018, kunjungan wisman mengalami kenaikan 15,61 persen,” kata Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Batam, Rahyudin.

Sementara jumlah wisman ke Kota Batam dari Januari sampai Agustus 2019 secara kumulatif tercatat 1.270.873 kunjungan. Jumlah ini mengalami peningkatan 5,59 persen dibanding periode yang sama tahun sebelumnya, 1.203.567 kunjungan.

“Wisman yang berkunjung ke Kota Batam pada Januari-Agustus 2019 masih didominasi kebangsaan Singapura dengan persentase sebesar 52,57 persen,” ujarnya.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Batam, Ardiwinata mengatakan kenaikan jumlah kunjungan wisman Agustus kemarin memang luar biasa. Hal ini tak lepas dari masa liburan nasional Singapura yang berdekatan dengan Idul Adha.

“Public holiday Singapur kemarin itu berdekatan dengan lebaran haji. Jadi panjang libur mereka, kalau tidak salah ada empat hari, Jumat sampai Senin,” kata Ardi.

 

 

 

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY