BERBAGI
Pilot dan Pramugarsi mengisi biodata saat mengikuti tes urine yang diselenggarakan BNNP Keprin dan BNNK Batam beberapa waktu lalu | foto Dok BNNP Kepri

CENTRALBATAM.CO.ID, BATAM-Kepala Kepolisian Resor Kota (Kapolresta) Barelang, Kombes Pol Hengki meminta agar kru penerbangan dites urine sebelum bertugas layani penumpang di musim mudik lebaran 2018.

Hal ini disampaikan Hengki dalam rapat persiapan arus mudik Idul Fitri 1439 H di Kantor Wali Kota Batam beberapa waktu lalu.

“Pilot, pramugari yang mau terbang kita lakukan tes urine. Tahun lalu kita temukan, pilot positif heroin,” kata Hengki.

Ia akan mengeluarkan semua alat dan petugas kesehatan yang dimiliki untuk pengecekan ini. Selain itu juga, akan mengajak Dinas Kesehatan Kota Batam dan pihak terkait lainnya untuk cek bersama.

Hengki juga meminta kepada petugas kargo untuk meningkatkan pengawasan terhadap pengiriman barang serta barang bawaan penumpang. Ini dilakukan untuk mengantisipasi penyelundupan narkoba saat arus mudik Lebaran.

“Pengetatan pintu masuk, pengiriman barang di kargo, tak boleh lengah. Petugas avsec (aviation security atau keamanan penerbangan) jangan kendor. Karena momen ini bisa dimanfaatkan segelintir orang, bahaya ini,” ujarnya.

Hengki mengatakan Polresta Barelang akan mengerahkan 1.100 personel untuk berjaga di pos-pos selama operasi ketupat. Selain itu juga akan mendapat tambahan bantuan personel sebagai back-up dari Polda Kepri.

Kapolres tidak mengizinkan seorang pun anggota polisi untuk cuti selama musim mudik, kecuali Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Polresta. Hal serupa ia harapkan dari Pemerintah Kota Batam khususnya untuk petugas di lapangan.

Sekretaris Daerah Kota Batam, Jefriden mengamini permintaan tersebut. Menurutnya Wali Kota Batam juga sudah mengeluarkan perintah agar pegawai yang bertugas selama musim mudik tidak mengambil cuti.

“Pemko juga tidak ada yang boleh cuti. Khususnya yang terkait langsung di lapangan. Seperti Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Pemadam Kebakaran, Satpol PP,” katanya.

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY