BERBAGI
Calon Bupati Bintan, Apri Sujadi

CENTRALABATAM.CO.ID, BINTAN -Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bintan hari ini (22/1) menggelar rapat pleano terbuka untuk menetapkan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati hasil Pilkada 9 Desember 2020 lali.

Dari rapat pleno itu, KPU Bintan menetapkan Apri Sujadi yang pernah mendapat gelar “Bupati Indonesia” dari Natizen 2020 lalu.

Ketua KPU Bintan,Ervina Sari saat menggelar rapat pleno terbuka menuturkan,penetapan pasangan calon terpilih nomor urut 01 ini ditetapkan setelah KPU Bintan menerima salinan Buku Registrasi Perkara Konstitusi (BRPK) Mahkamah Konstitusi (MK) Republik Indonesia dari KPU RI.

Dengan adanya salinan itu, pihak KPU Bintan sudah bisa melaksanakan pleno terbuka untuk menetapkan pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Bintan terpilih.

Baca Juga:  PPKM Level 4 Berlaku Hingga 25 Juli, Wali Kota Batam Ajak Masyarakat Komitmen Jalankan Imbauan Pemerintah

Pasalnya, dalam salinan itu, untuk pemilihan calon Bupati dan wakil Bupati Bintan, tidak ada gugatan perselisian hasil pemilihan Bupati dan Wakil Bupati tahun 2021.

“Maka dari itu kita bisa melaksanakan pleno terbuka penetapan pasangan calon bupati dan wakil bupati Bintan terpilih,”kata Ervina.

Lanjutnya, tahapan penetapan calon kepala daerah terpilih ini dilaksanakan setelah salinan BRPK dari MK telah diterim dan tahapan rekapitulasi suara Pilkada Bintan 2020 telah selesai dilakukan.

Dimana dari hasil rekapitulasi suara Pilkada Bintan 2020 Apri-Robby memperoleh suara 49.855 suara atau 60,37 persen dan rivalnya AWe-Dalmasri yang hanya memperoleh 32.717 suara atau 39,63 persen.

Masyarakat Bintan yang menggunakan hak pilihnya sebanyak 86.708 suara dengan suara sah sebanyak 82.572 suara dan suara tidak sah sebanyak 4.136 suara.

Baca Juga:  Terkait Perpanjangan PPKM, Bintan Tetapkan Jam Operasinal Warung

“Dengan hasil ini kita menetapkan pasangan calon nomor urur 01 sebagai calon Bupati dan Wakil Bupati Bintan terpilih,”terangnya.

Ervina menambahkan, setelah calon bupati dan wakil bupati Kabupaten Bintan 2021-2024 ditetapkan.

KPU juga menyerahkan penandatanganan berita acara dan pembacaan surat keputusan oleh Ketua KPU Bintan terhadap DPRD Bintan, kedua paslon, gabungan partai pengusung kedua paslon, KPU Kepri dan Bawaslu Bintan.(Ndn)

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

Tinggalkan Balasan