BERBAGI
Ilustrasi Pemilu

CENTRALBATAM.CO.ID, BATAM-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batam telah selesai memverifikasi sekitar 70 persen dari total pendukung bakal calon anggota DPD RI daerah pemilihan Kepulauan Riau yang harus dikonfirmasi di Batam. Adapun jumlah berkas dukungan yang harus diverifikasi faktual oleh KPU Batam adalah sebanyak 1.891 orang.

“Kami mendatangi langsung ke rumah pendukung dan mengumpulkan pendukung di suatu tempat untuk verifikasi. Kami dibantu Tim Penghubung dari masing-masing calon,” kata Komisioner KPU Batam, Mangihut Rajagukguk.

KPU Batam membentuk lima tim untuk melakukan verifikasi faktual. Tiap komisioner memimpin tim yang beranggotakan empat orang staf. Setiap tim ditugasi untuk memverifikasi syarat dukungan tiga bakal calon Anggota DPD RI.

Mangihut mengatakan pada saat verifikasi tim menemukan sejumlah Aparatur Sipil Negara yang memberikan dukungan kepada bakal calon anggota DPD RI untuk Pemilu 2019. Mereka menyerahkan fotokopi KTP serta mengisi formulir dukungan.

“Itu tidak boleh. Jadi setelah mendapat penjelasan dari KPU tentang larangan bagi ASN untuk beri dukungan, yang bersangkutan mencabut dukungannya,” kata dia.

Selain itu, tim juga mendapati sejumlah nama yang membantah telah berikan dukungan kepada calon tertentu. Meskipun data berupa fotokopi KTP dan formulir dukungannya masuk dalam berkas yang dipegang KPU.

“Jumlahnya belum dapat kami informasikan, karena proses verifikasi masih berlangsung,” sebutnya.

Hasil dari verifikasi ini akan dituangkan dalam berkas berita acara. Dan akan diserahkan ke KPU Provinsi Kepulauan Riau. Nantinya, KPU Kepri yang akan memutuskan kelanjutan pencalonan tersebut.

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY