BERBAGI
Para penumpang KM Bukit Raya saat dievakuasi setelah kapal kandas di atas karang neneh Pulau Sedanau Natuna, Jumat (18/5/2018) lalu.

CENTRALBATAM.CO.ID, BINTAN–KM Bukit Raya saat ini mengalami kebocoran setelah kandas di atas karang neneh Pulau Sedanau Natuna, Jumat (18/5/2018) lalu.

“Kebocoran pada bagian kapal tidak mengganggu peralatan mesin. Para ABK sudah melakukan antisipasi terpadu dengan menyekat setiap ruang kapal,” kata Kepala PT Pelni Cabang Tanjungpinang Kamaruzzaman.

Kamaruzzaman mengatakan untuk sementara mesin tidak ada masalah, begitu juga dengan baling-baling masih bisa berputar dan berfungsi. Minggu (20/5/2018) pagi sempat dilakukan penyelaman oleh Basarnas untuk perbaikan di dek dasar bagian tengah kapal yang mengalami kebocoran. Dari sinilah yang menyebabkan air masuk mencapai 1,8 meter akibat kena hantaman karang.

“Mesin untuk sementara no problem, baling-baling juga masih berputar dan masih bisalah dioperasikan,”katanya.

Menurutnya, KM Bukit Raya akan docking di Jakarta, agar kappal bisa laik kembali operasi melayani pergerakan orang dan barang. Saat ini masih terus dilakukan penyelaman untuk melakukan perbaikan pada bagian lambung kapal.

“Rencananya KM Bukit Raya langsung akan masuk docking kapal di Jakarta. Kemungkinan proses docking tidak akan lama karena harus dipakai untuk melayani kegiatan penyeberangan orang saat mudik lebaran,” ujarnya.

Kamaruzzaman menyebutkan untuk tetap bisa melayani dan mengakut penumpang, sementara waktu KM Sabuk Nusantara 39 akan melakukan pelayaran dari pelabuhan Kijang. Begitu juga dengan KM Sabuk Nusantara 30 akan melayani kegiatan melalui pelabuhan Tanjungpinang. Kedua kapal ini nantinya akan bekerja ekstra melayani penumpang dalam arus mudik lebarang dengan tujan ke pulau-pulau yang ada di Kepri.

Pelni Tanjungpinang kata Kamaruzzaman berharap. Kedepan tidak ada kendala berarti dari armada Pelni yang disiapkan pemerintah untuk melayani kegiatan mudik lebaran antar pulau di Kepri. Dukungan semua pihak sangat diharapkan.(ndn)

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY