BERBAGI
Ilustrasi

CENTRALBATAM.CO.ID, JAKARTA-Bank Mandiri menjalin kerja sama dengan BPJS Kesehatan untuk mempermudah peserta membayar iuran.

Dengan kerja sama ini, pembayaran iuran BPJS Kesehatan bisa melalui kader Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) dengan memanfaatkan produk uang elektronik Mandiri e-cash.

Direktur Government & Institutional Bank Mandiri, Kartini Sally mengatakan, keberadaan JKN-KIS diharapkan dapat mendorong masyarakat mendaftar menjadi peserta dan membayar iuran secara rutin. Dengan Mandiri e-cash diharapkan dapat mempermudah masyarakat melakukan pembayaran iuran.

“Pemanfaatan Mandiri e-cash dan fasilitas perbankan lainnya diharapkan dapat mempermudah masyarakat dalam melakukan pembayaran iuran. Harapannya, semakin banyak masyarakat yang terjangkau JKN-KIS,” tutur Kartini.

Saat ini, tercatat jumlah peserta BPJS Kesehatan sebesar 175 juta orang dari berbagai segmen, yang berarti sekitar 70 persen penduduk Indonesia telah menjadi peserta program JKN-KIS yang wajib diikuti seluruh WNI (255 juta jiwa).

Baca Juga:  Pasca Bencana Tanah Longsor, Danramil 01/0315 Kerahkan Anggot Goro

Saat ini, BPJS Kesehatan telah membentuk dan merekrut Kader JKN-KIS dalam rangka menjawab kebutuhan masyarakat tentang kebutuhan program JKN-KIS, cara pendaftaran dan cara pembayaran.

Menurut Kartini, faktor kemudahan cara pembayaran dan kedekatan dengan kader JKN-KIS diyakini menjadi salah satu faktor penentu keberhasilan BPJS memenuhi target peserta tersebut. Apalagi, jika masyarakat juga memiliki akses yang mudah dengan penyedia layanan kesehatan yang menjadi mitra BPJS Kesehatan.

“Sebagai totalitas komitmen kami dalam mendukung BPJS Kesehatan, kami juga akan menyiapkan skema pembiayaan khusus untuk menalangi tagihan dari penyedia fasilitas kesehatan (faskes) mitra BPJS Kesehatan,” kata Kartini.

Diharapkan, skema pembiayaan ini dapat membantu pengelolaan cash flow faskes mitra BPJS Kesehatan serta mendukung penyediaan layanan kesehatan yang lengkap bagi masyarakat.

Baca Juga:  Jembatan Hilang Diterjang Banjir, Akses Jalan Tirta Madu-Gesek Terputus

Direktur Kepesertaan dan Pemasaran BPJS Kesehatan, Andayani Budi Lestari mengatakan, dengan pemanfaatan Mandiri e-Cash diharapkan dapat membantu Kader JKN-KIS untuk mengumpulkan iuran peserta.

“Prinsipnya, bayar iuran JKN-KIS kini jadi lebih mudah dan lebih dekat. Harapan kami, kedisiplinan peserta JKN-KIS dalam membayar iuran dapat meningkat, sehingga sustainibilitas program JKN-KIS terus terjaga,” ujarnya. (mdk/ctb)

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY