BERBAGI

CENTRALBATAM.CO.ID, BATAM-Stasiun Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Hang Nadim, Batam menyebutkan bahwa kondisi cuaca di Provinsi Kepulauan Riau, khususnya di Batam tengah mengalami peralihan.

Melalui Kepala BMKG Hang Nadim, Batam, Philip Mustamu menegaskan, peristiwa semacam ini dikenal sebagai ‘Pancaroba’ yang kerap terjadi dalam siklus perubahan cuaca.

Philip menegasan, dengan aktifitas pancaroba ini. Aktifitas awan Cumulus dilangit Kepri kian meningkat. Penampakan awan jenis Cumulus ini, tampak seperti kembang atau bunga kol atau brokoli yang menggumpal-gumpal.

“Memang saat ini kita masuk peralihan, jadi peningkatan awan Cumulus juga meningkat,” ujar Philip Mustamu, melalui siaran persnya.

Dikatakannya juga, peralihan cuaca ini memiliki rentetan atau daftar panjang dilihat dari dampaknya.

Adapun dampak dalam jangka panjang yang biasa dan diprediksi akan terjadi, ialah semakin tinggi dan berpotensinya peristiwa angin puting beliung diwilayah yang terdampak dari Pancaroba ini.

Selain itu, angin kencang serta hujan lebat diprediksi juga akan mewarnai peralihan cuaca ini.‎

“Hujan, angin kencang dan petir-petir juga akan terjadi. Inilah dampaknya dari peralihan tersebut,” ucapnya.

Dengan hal inilah, Philip menyampaikan kepada seluruh masyarakat Kota Batam untuk lebih waspada dalam ‎melaksanakan kegiatan diluar ruangan atau rumah.

“Perubahan cuaca ini bisa terjadi mendadak dan cepat, jadi diminta lebih hati-hati. Apalagi yang tinggal dipesisir pantai atau yang mencari nafkah dengan melaut,” ungkapnya.‎

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY