BERBAGI
Wakil Bupatin Bintan Dalmasri Syam memasangkan tanjak kepada salah satu wisatawan asing yang baru saja tiba dengan diagkut kapal pesiar Genting Dream Cruise. Sabtu (7/7/2018)

CENTRALBATAM.CO.ID, BINTAN – Kapal pesiar mewah Genting Dream Cruise memulai debut perdananya di Bintan, Sabtu (7/7/2018). Kapal pesiar Genting Dream Cruise masuk ke perairan Bintan, masuk sekitar pukul 07.00 WIB dan berlabuh di tengah lautan.

Jarak kapal di laut dari Pelabuhan Bandar Bintan Telani (BBT) Lagoi sekitar 20 menit jika ditempu dengan kapal feri cepat. Para penumpang dan awak kapal diantar dengan kapal feri menuju pelabuhan.

Genting Dream Cruise merupakan salah satu kapal pesiar yang dioperasikan oleh Dream Cruises, salah satu anak perusahaan operator kapal pesiar Genting Cruise Line. Penyambutan perdana awak kapal dan penumpang kapal yang merupakan wisatawan mancanegara dilakukan meriah.

Wakil Bupati Bintan Dalmasri Syam turut dalam penyambutan perdana awak dan penumpang kapal Genting Dream Cruise.

Kapal Feri pertama yang datang mengantar penumpang memuat rombongan awak kapal pesiar. Di kapal tersebut juga ada Gubernur Kepulauan Riau Nurdin Basirun, Duta Besar Indonesia untuk Singapura, I Gede Ngurah Sujaya, dan Thatcer Brown, Presiden Dream Cruises.

Kepala Dinas Pariwisata Bintan Luki Zaiman Prawira mengatakan, Data yang diterima dari pihak manajemen kapal, manifest penumpang kapal pesiar yang berlabuh Sabtu pagi di perairan Lagoi memuat sekitar 4000 penumpang wisatawan mancanegara. Selain itu, terdapat awak kapal sebanyak 1800 orang.

“Mereka dijemput dengan kapal feri berkapasitas besar,”kata Luki Zaiman Prawira.

Humas Imigrasi Kelas II Tanjunguban, Hibas Riansyah mengatakan, pengecekan keimigrasian dilakukan dengan sistem immigration on shipping terhadap wisatawan yang datang dengan menggunakan Genting Dream Cruise.

Model ini berlaku umum di seluruh daerah wisatawan yang dikunjungi kapal pesiar dengan membawa banyak wisatawan mancanegara. Di Bali salah satunya.

“Untuk Bintan, Immigration On Shipping (IOS) perdana 2018 ini. Ini sama seperti di Teluk Benoa Bali. Sistem ini dilakukan biasanya untuk kapal-kapal pesiar yang bermuatan wisatawan yang berkunjung ke Indonesia,”kata Hibas.

Sebelumnya, kapal pesiar Genting Dream Cruise memulai debut perdananya menyambangi Bintan. Kehadiran kapal pesiar mewah tersebut merupakan buah manis hasil kerja keras Pemkab Bintan dan pihak swasta setempat dengan management Genting Dream Cruise.

“Ini suatu kemajuan bagi kita di Bintan, dimana kita akan kedatangan 4.000 hingga 5.000 wisatawan asing setiap pekannya. Rencananya, tahap awal kesepakatan akan berlangsung selama 52 minggu atau sekitar 1 tahun lebih. Kerjasama ini akan berdampak pada kunjungan wisman ke Bintan yang semakin meningkat,”kata Bupati Bintan Apri Sujadi.(ndn)

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY