BERBAGI
Kepala Dinas Pendidikan Kota Batam Muslim Bidin, bersama staf Disik mengikuti Rapat Dengar Pendapat (RDP) di Komisi IV DPRD Kota Batam, Senin (9/1/2017)

CENTRALBATAM.CO.ID, BATAM – Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Batam menargetkan akan ada 11 sekolah yang menerapkan sistem full day school pada 2017 ini.

Penargetan ini langsung dilontarkan oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Batam, Muslim Bidin saat dikonfirmasi, Senin (9/1/2017) siang tadi.

Dikatakanya, sejak tahun lalu hingga saat ini, hanya ada tiga sekolah di Batam yang menerapkan sistem tersebut.

“Masih ada 3 sekolah saja, pertama di SDN 6 Sekupang, SMPN 6 Batam dan SMPN 26 di Batuaji,” kata Muslim.

SDN 6 Sekupang dan SMPN 6 Batam memang sudah menerapkan sistem full day school sekitar Oktober atau November 2016 lalu. Menyusul kemudian SMPN 26 Batam yang baru menerapkan sistem ini lebih kurang satu bulan.

“Tahun ini ada beberapa sekolah lagi yang mengajukan, tapi belum kita hitung dan belum dievaluasi,” ujar dia.

Menurut Muslim, tidak semua sekolah di Batam bisa menerapkan sistem full day school. Ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi.

“Yang jelas sekolah itu tidak menerapkan double shift. Kita lihat juga dari kesiapan infrastruktur, kesiapan guru, kesiapan murid dan kesiapan orangtua. Dari beberapa hal itu, memang baru tiga sekolah ini yang sudah kita evaluasi menerapkan sistem full day school,” kata Muslim.

Terkait pro kontra di lapangan berkenaan dengan penerapan sistem ini, menurut Muslim itu sifatnya teknis. Seperti untuk makan siang anak selama berada di sekolah. Ataupun ketika Jumatan bagi siswa Muslim.

“Untuk makan siang. Teknis orangtua bagaimana belanjakan anaknya. Sekolah juga harus siapkan kantin sehat sesuai standar orangtua,” ujar dia.

Diberitakan sebelumnya, Muslim mengatakan, secara keseluruhan sekolah-sekolah di Batam memang belum siap menerapkan sistem full day school.

Namun dari pemerintah pusat tetap menginginkan adanya uji coba sistem ini di sekolah Batam.

“Saya sudah katakan Batam belum siap. Tapi pusat ingin uji coba dulu. Siap atau tidak. Kemarin saya datang ke SMP 6, ada yang pro kontra. Ada yang bilang bagus, ada yang bilang kurang siap. Nanti ini dievaluasi kembali,” kata Muslim.‎

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY