BERBAGI
Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disduk Capil) Batam | Foto : Ned

CENTRALBATAM.CO.ID, BATAM – Penggeledahan yang dilakukan di Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disduk Capil) Batam, Senin (17/10/2016) sore tadi membuat seluruh petugas didalamnya kaget bukan main.

Tak hanya seluruh petugas, Kepala Dinas (Ka. Disduk Capil), Mardanis tampak bungkam dan tertegun.

Tak banyak bicara, Mardanis tampak sesekali tersenyum pucat dan berkeringat. Bak dicecar banyak cobaan, Mardanis kian bungkam dan terus mengelak dari kejaran pertanyaan wartawan.

Dia yang menggunakan seragam batik berwarna biru tampak lalu-lalang seorang diri. Keluar masuk ruangan, personel tampak terus memantau pergerakan Mardanis dari beberapa sudut.

Tampaknya, jajaran Kepolisian Daerah (Polda) Provinsi Kepri terus menyapu bersih segala bentuk aksi pungutan liar (pungli) di Batam.

Ini tampak dari aksi beberapa personel yang menggerebek Kantor pemerintah di bidang Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disduk Capil) di Jl. Ir. Sutami, Sekupang, Batam, Senin (17/10/2016) sore.

Dalam penggerebekan yang berujung penggeledahan itu, ditemukan sejumlah map pengurusan dokumen catatan sipil yang diselipi sejumlah uang.

Uang yang ditemukan itu, diduga hasil pungutan liar (pungli) yang telah terbiasa dilakukan oleh oknum-oknum terkait. Hampir setiap map yang ditemukan, berisi lembaran uang.

“Hasil penggeledahan, kita temukan lembaran uang. Ada yang nilainya Rp 50 ribu dan ada juga yang Rp 100 ribu. Uang-uang itu diselipan di dalam map,” kata seorang polisi yang tak ingin namanya diberitakan itu.

Selain mengamankan lembaran uang yang diduga sebagai praktik pungli itu. Polisi juga mengamankan beberapa berkas dan mengambil beberapa gambar di lokasi penggerebekan.

Tak hanya satu ruangan, petugas juga menyisir seluruh ruangan. Mulai dari ruang Ka. Disduk Capil, ruang Kabid Catatan Sipil, Kabid Pendaftaran dan Informasi Kependudukan, lantai II, Gudang arsip berkas (warkah), dan beberapa ruang lainnya ikut disisir.

Hingga menjelang malam hari, polisi masih memeriksa intensif ruangan-ruangan yang ada.

Sementara, Kepala Disduk Capil Sekupang, Batam, Mardani tak sedikitpun berkomentar akan aksi yang dilakukan personel kepolisian di kantor dinasnya itu.

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY