BERBAGI
Kadispar Bintan, Wan Rudi

CENTRALBATAM.CO.ID, BINTAN –Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar) Bintan, Wan Rudi membenarkan pada tahun 2019 lalu, jumlah kunjungan wisman ke Bintan mencapai 1,5 juta. Jumlah itu kata dia merupakan angka angka keseluruhan kunjungan wisatawan mancanegara (Wisatawan) pada tahun.

Pernyataan ini disampaikan oleh Wan Rudi saat ditanya terkait kebenaran jumlah kunjungan wisatawan yang disampaikan oleh pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Bintan dari nomor urut satu, Apri Sujadi – Robby Kurniawan dalam debat paslon yang gelar di Anmon Resort (14/11) lalu.

Dimana, saat itu Apri Sujadi menyebutkan pada tahun 2019 wisman yang datang berkunjung ke Bintan mencapai 1,5 juta orang.

Ia menjelaskan, dari data situs resmi BPS Kepri telah menerbitkan, untuk total Wisman dari Januari hingga Desember 2019 kunjungan ke Bintan mencapai 634.735 orang. Tentunya hal tersebut menjadi tanda tanya bagi sebagian kalangan.

Baca Juga:  AKP Monang; Lindungi Diri Dari Covid-19 Dengan Vaksin Dari Pemerintah

“Data 1,5 juta itu merupakan data angka keseluruhan kunjungan wisman yang ke kawasan Lagoi, Bintan sepanjang tahun 2019. Baik itu dari pintu masuk BBT, pintu masuk Tanjungpinang, maupun pintu masuk Kota Batam namun mereka berkunjung dan stay ke Lagoi, Bintan. Sementara, khusus data BPS terkait kunjungan wisman hanya melalui pintu masuk BBT. Itu belum termasuk angka kunjungan wisatawan lokal,” ujarnya

Namun saat Pandemi Covid 19, sektor pariwisata telah mengalami penurunan kunjungan. Karena itulah, menurutnya saat ini Dinas Pariwisata Bintan akan terus gencar berusaha melakukan promosi guna peningkatan kunjungan wisatawan ke kawasan Pariwisata Bintan, terkhususnya lagi sekmen wisatawan lokal.

“Akibat pandemi Covid 19, sektor pariwisata terpukul paling berat, baik Bali maupun Bintan. Tapi kita optimis, dengan aturan komitmen protokol kesehatan , secara perlahan sektor pariwisata akan bangkit kembali. Baik untuk sekmen wisatawan lokal maupun wisatawan asing. Ini hanya persoalan waktu,” pungkasnya. (Ndn)

Baca Juga:  Tidak Kantongi IMB, Camat Katang Bidara Minta Dinas Perizina Blacklist Kotage Kwansend Dan Hasim

 

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY