BERBAGI
Presiden Jokowi

CENTRALBATAM.CO.ID, JAKARTA-Presiden Jokowi mengumumkan reshuffle kabinet jilid dua. Presiden mengungkapkan pertimbangannya melakukan reshuffle kabinet.

“Kita harus memperkuat ekonomi nasional untuk menghadapi tantangan ekonomi global dan sekaligus dalam persaingan dan kompetisi global,” kata Jokowi dalam konferensi pers di Istana Negara, Jakarta, didampingi Wapres JK, Mensesneg Pratikno, dan Seskab Pramono Anung, Rabu (27/7/2016).

Jokowi mewanti-wanti agar kabinet yang baru bekerja lebih keras lagi menyejahterakan rakyat. Reshuffle kabinet diarahkan untuk penguatan kinerja pemerintahan.

“Kita harus membuka lapangan kerja seluas-luasnya untuk rakyat, untuk mengurangi pengangguran, meningkatkan kesejahteraan rakyat,” kata Jokowi.

“Saya menyadari tantangan terus berubah dan menghadapi kecepatan kita dalam bertindak, kecepatan kita dalam memutuskan, kita harus bertindak yang langsung dirasakan oleh rakyat yang langsung dinikmati oleh rakyat dalam jangka pendek dan panjang,” kata Jokowi yang mengenakan setelan jas hitam.

Jokowi berharap kabinet baru dapat bekerja lebih cepat, progresif dan solid.

“Agar kabinet kerja bisa lebih cepat, progresif, bekerja dalam tim yang solid, dan saling mendukung dalam waktu yang secepat-cepatnya. Atas pertimbangan ini Presiden dan Wapres memutuskan perombakan kabinet yang kedua,” katanya.

Jokowi mengumumkan 12 nama menteri dan Kepala BKPM yang diganti di teras belakang Istana Merdeka yang menghadap ke gedung Istana Negara, Rabu (27/7/2016). Dia didampingi Wapres Jusuf Kalla dan Seskab Pramono Anung.

“Saya berusaha maksimal agar kabinet kerja bisa bekerja lebih cepat, dalam tim yang solid dan saling mendukung,” jelas Jokowi.

Berikut daftar lengkap reshuffle menteri:

1. Menko Kemaritiman: Luhut Binsar Panjaitan
2. Menteri PPN/Ka Bappenas: Bambang Brodjonegoro
3. Menteri ATR / Ka BPN: Sofyan Djalil
4. Kepala BKPM: Thomas Trikasih Lembong
5. Menko Polhukam: Wiranto
6. Menteri Keuangan: Sri Mulyani Indrawati
7. Menteri Desa dan PDTT: Eko Putro Sandjojo
8. Menteri Perhubungan: Budi Karya Sumadi
9. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan: Muhadjir Effendy
10. Menteri Perdagangan: Enggartiasto Lukita
11. Menteri Perindustrian: Airlangga Hartarto
12. Menteri ESDM: Archandra Tahar
13. Men PANRB: Asman Abnur

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY