BERBAGI
Presiden RI, Ir. Jokowi Dodo di lokasi Waduk Sei Gong, Galang | Foto : Ned

CENTRALBATAM.CO.ID, BATAM – Presiden RI, Ir. Jokowi Dodo berharap, agar pembangunan waduk Sei Gong di Galang, Batam dapat segera diselesaikan.

“Dan saya harap, di 2018 pertengahan sudah selesai. Jangan molor-molor waktu lagi,” kata Presiden RI ke-7 itu, saat dikonfirmasi.

Menanggapi hal itu, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR)‎ Basuki Hadi Muljono mengatakan, pembangunan waduk tersebut memang akan dirampungkan sesuai arahan Presiden.

“Iya, kita upayakan. Dan pembangunan ini dilakukan untuk memenuhi suplai air baku di kota Batam yang seyogyanya masih kurang memadai,” kata Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR)‎ Basuki Hadi Muljono, saat dikonfirmasi tim Central Batam.

Untuk di Batam sendiri, masih kata Basuki, kebutuhan air baku sebanyak 3.250 liter perdetik. Namun dari delapan bendungan yang ada, hanya bisa mensuplai air bersih sebanyak 280 liter per detik.

‎”Ini jelas kurang, makanya kita dongkrak suplainya lewat Waduk Sei Gong. Dan pembangunan ini sudah dimulai sejak 2005 lalu,” terangnya.

Baca Juga:  Histeris Isak Tangis Keluarga Penumpang Sriwijaya Air di Bandara Supadio
Presiden RI, Jokowi (tengah) didampingi Gubernur Kepri, Nurdin Basirun (kiri), Pangdam I/Bukit Barisan, Mayjen TNI Cucu (kanan) dan Kapolda Kepri, Irjen Pol. Sam Budigusdian di kawasan proyek waduk Sei Gong, Galang, Batam | Foto : Ned

Setelah dirampungkan pembangunannya pada pertengahan tahun 2018 mendatang, waduk Sei Gong baru dapat mensuplai air bersih ke masyarakat pada tahun 2019 mendatang.

“Kan butuh proses, belum lagi sterilisasi airnya. Jadi paling cepat itu 2019 sudah berproduksi waduknya,” tutur Basuki.

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY