BERBAGI
Foto sosialisasi Karhutla

CENTRALBATAM.XOMID,BINTAN –Minyakapi masuknya cuaca Kemarau, Kapolres Bintan, AKBP Bambang Sugiharto meminta pada masyarakat Bintan agar waspada terhadap kebakaran hutan (Karhutla). Untuk itu, ia juga meminta kepada masyarakat agar tidak membakar hutan maupun lahan baik untuk membuka lahan pertanian maupun dalam kegiatan lain.

“Karena dengan sengaja membakar hutan dan lahan dapat mengakibatkan pencemaran serta kerusakan lingkungan hidup. Perbuatan itu merupakan pelanggaran hukum yang dapat dipidana dan denda sesuai dengan pasal 108 Undang-undang Nomor 32 tahun 2009 tentang Pengelolaan dan Perlindungan Lingkungan Hidup,”ujar Bambang, Minggu (24/1).

Selai itu, Bambang juga mengingatkan kepada Satgas Karhutla baik ditingkat Kabupaten dan Kecamatan agar tetap melakukan kordinasi yang baik antar instansi serta selalu siaga mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan di wilayahnya.

Baca Juga:  Hadiri Musrenbang Kecamatan Bengkong, Amsakar Prioritaskan Kepentingan Masyarakat

“Juga saya meminta peran aktif dari masyarakat untuk dapat mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan, termasuk melaporkan kepada aparat Pemerintah terkait jika menemukan kebakaran hutan dan lahan,”akunya, Bambang Sugiharto.

Terpisah, Kapolsek Gunung Kijang, AKP Monang P Silalahi, mengatakan pihaknya sudah memberikan penyuluhan dan himbauan kepada masyarakat agar tidak membakar hutan dan lahan di wilayah kerjanya. Untuk itu ia berharap masyarakat bisa bekerja sama dalam cegah Karhutla.

“Harapan kami masyarakat dapat bekerjasama sehingga kasus kebakaran hutan dan lahan tidak ada di wilayah kita,”jelasnya.

Monang mencontohkan, kebakaran hutan tidak hanya disegaja. Misalnya, membuang puntung rokok dihutan juga dapat menyebabkan kebakaran.

“Karena itu, kami minta agar masyarakat tidak sembarang membuang puntung rokok dan tidak membakar sampah ditempat-tempat yang rawan kebakaran hutan dan lahan,”pungkasnya. (Ndn)

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

Tinggalkan Balasan