BERBAGI

CENTTALBATAM.CO.ID, JAKARTA– Nilai tukar Rupiah terhadap Dolar Amerika Serikat (USD) bergerak cenderung menguat di perdagangan siang ini, Jumat (4/11/2016). Aksi demo besar-besaran tidak berpengaruh pada nilai tukar.

Mengutip data Bloomberg, Rupiah tadi pagi sempat menyentuh level Rp 13.112 per USD yaitu pukul 08.25 WIB. Saat ini, Rupiah berada di Rp 13.008 per USD

Sebelumnya, Deputi Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo menyebut demonstrasi besar-besaran tidak akan berdampak pada ekonomi Indonesia. “Rupiah tidak melemah, stabil bahkan cenderung menguat,” ucapnya kemarin.

Analis Pasar Modal, Reza Priyambada juga berpendapat sama. Menurutnya, IHSG dan Rupiah yang sempat melemah tadi pagi karena sentimen risiko di pasar global.

“Tidak ada hubungannya (demo), melihat sentimen dari global cukup mendominasi,” ujar Reza kepada merdeka.com, Jakarta, Jumat (4/11/2016).

“Yang paling memengaruhi adalah pemilu AS, yang juga menjadi faktor penggerak market,” ungkapnya.

Reza menambahkan, pergerakan sebagian besar pasar saham Asia saat ini cenderung melakukan aksi jual. Akhirnya, memicu koreksi pada indeks saham regional yang berujung melemahkan nilai tukar Rupiah.(mdk)

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY