BERBAGI
istimewa

CENTRALBATAM.CO.ID, BATAM-Jarak pandang di landas pacu Hang Nadim masih di bawah 500 meter, dari cuaca buruk disertai hujan deras yang melanda Batam mengakibatkan tiga pesawat tidak bisa mendarat.

“Akibat cuaca buruk dan jarak pandang terganggu membuat pilot dari tiga pesawat memutuskan untuk menunggu cuca membaik dan memilih berputar di lagngit Batam. Seharusnya tiga pesawat itu sudah mendarat,” kata Suwarso, General Manager Umum Bandara Internasional Hang Nadim Batam, Sabtu (4/3/2017)

Ketiga pesawat yang tidak berani mendarat dalam keadaan cuaca buruk itu antara lain Lion Air dari Bali dan Surabaya yang harus mendarat sekitar pukul 10.20 WIB dan Citilink dari Soekarno Hatta yang seharusnya mendarat pukul 10.30 WIB.

Baca Juga:  Premium langka, SPBU malah Jual ke Kendaraan Yang Dimodifikasi

Bandara Internasional Hang Nadim Batam sudah dilengkapi dengan ILS (Instrument Landing System) untuk membantu pilot mendaratkan pesawat saat cuaca kurang mendukung seperti siang ini. Bandara Internasional Hang Nadim Batam juga memiliki landasan pacu hingga 4,025 kilometer yang memberikan kemudaan dalam pendaratan.

“Namun, Pilot tiga pesawat itu masih menunggu cuaca dan jarak pandang membaik. Semua keputusan saat cuaca kurang mendukung ada ditangan pilot,” kata Suwarso.

Sementara itu, untuk pesawat yang hendak terbang dari Hang Nadim Batam tidak terkendala dengan cuaca buruk yang tengah melanda.

“Hanya yang mendarat saja yang mengalami kendala cuaca,” kata Suwarso.

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY