BERBAGI

CENTRALBATAM.CO.ID, BATAM-Ingin menghabiskan akhir pekan dengan berpergian bersama keluarga dan berpetualang di alam terbuka? Sebaiknya perlu anda perhatikan unsur cuaca di Kota Batam, apalagi angin puting beliung mengintai, seperti yang dirangkum tim Centra Batam, Sabtu (25/6/2016) ini.

Dalam video ini beberapa warga yang sedang menikmati susana liburan terganggu ketika angin puting beliung tiba-tiba muncul dari laut dekat dari pantai. Sontak saja warga yang sedang berliburan langsung takut dan mencari tempat untuk menghindari angin punting beliung tersebut.

Sesuai dengan prakiraan Stasiun Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Hang Nadim Batam. Cuaca di sejumlah wilayah Kepri pada akhir pekan ini, masih berawan dan berpeluang terjadi hujan ringan hingga sedang yang tekadang disetai petir.

Hal ini turut dibenarkan oleh Kepala Stasiun BMKG Hang Nadim Batam, Philip Mustamu.

Philip, kepada Central Batam memaparkan, curah hujan disertai angin kencang dan petir masih sangat rawan terjadi.

“Cuaca tersebut masih disebabkan adanya daerah shearline (belokan angin), antaran tekanan rendah di utara Kalimantan yang menyebabkan terjadinya perlambatan massa udara. Selain itu, pola penguapan juga mempengaruhi, serta hembusan angin yang banyak mengandung massa uap air masih marak menumpuk disekitar Kepri,” kata Philip, saat dikonfirmasi.

Karena tingginya penguapan dan banyaknya massa air yang dibawa hembusan angin, maka kelembapan udara kian meninggi di lapisan atas dan membuat potensi pertumbuhan awan-awan konvektif menjadi besar.

Dengan pertumbuhan awan konvektif ini, curah hujan akan semain tinggi mengguyur dan bisa mengganggu aktifitas liburan masyarakat Batam.

Namun, kondisi semacam ini masih sangat kondusif untuk akivitas transportasi darat maupun udara.

“Hanya saja, untuk beberapa wilayah perairan. Seperti Natuna dan Anambas, gelombang laut masih cukup tinggi disana. Arus juga cukup kuat, jadi kita mengimbau untuk lebih berhati-hati,” tandasnya.

Penulis : Junedy Bresly

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY