BERBAGI
Wali Kota Batam Muhammad Rudi membuka secara resmi Wonderfood Ramadhan di Taman Dang Anom, Sabtu (10/4/2021) sore.

CENTRALBATAM.CO.ID, BATAM – Bulan Puasa merupakan bulan berkah bagi masyarakat umat muslim di  seluruh dunia, tidak terkecuali Kota Batam.

Seperti tahun-tahun sebelumnya umat muslim ketika berbuka puasa tentunya menikmati berbagai hidangan pembuka puasa, mulai dari kolak, air kelapa atau makanan yang manis-manis dan minuman yang dingin.

Kebiasaan berbuka puasa dengan menu khusus itu, para ibu rumah tangga berlomba-lomba untuk menyajikan makanan pembuka puasa yang dijual di pinggir jalan.

Kendatipun dengan ke dalam kemasan yang sangat sederhana makanan khas kuliner produksi ibu rumah tangga itu ternyata banyak diminati oleh masyarakat pada saat berbuka puasa.

Sri salah satu ibu rumah tangga melihat peluang akan kebutuhan masyarakat yang akan berbuka puasa.

Baca Juga:  PPKM Level 4 Berlaku Hingga 25 Juli, Wali Kota Batam Ajak Masyarakat Komitmen Jalankan Imbauan Pemerintah

Dia berinisiatif untuk mencoba membuat makanan seperti kolak, bakwan dan beberapa makanan kecil yang bisa dimasak dirumah.

Sebagian makanan yang dimasak dititip kepada pedagang lainnya untuk dijajakan di pinggir jalan selama bulan puasa.

” Ya lumayanlah Pak.. beginilah cara kami melihat peluang yang ada di bulan puasa ini. Lumayan buat nambah-nambah untuk jajan anak-anak, sekaligus juga ada kegiatan di rumah sambil menunggu buka puasa,” ujar Sri, Rabu (14/4/2021).

Untuk mempersiapkan bahan makanan, dia belanja ke pasar pagi hari. Kemudian siang harinya diolah, dimasak menjadi makanan ringan.

Setelah masak, makanan-makanan tersebut dibungkus dengan rapi dan dititipkan kepada tetangga ataupun teman-temannya yang berjualan di pinggir jalanan.

Baca Juga:  BPJS Ketenagakerjaan Dorong Perusahaan Tertib Kepesertaan untuk Pastikan BSU Tepat Sasaran

“Inilah yang bisa dilakukan di rumah sembari menambah kegiatan. Uang hasil penjualan memang tidak banyak tapi bisalah untuk beli baju lebaran anak-anak nanti,” ujarnya berharap.(ilham)

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

Tinggalkan Balasan