BERBAGI
Foto perwakilan HIMNI mengujungi warga Nias di PT Tirta Madu

CENTRALBATAM.CO.ID, BPTI – Bagi masyarakat atau suku Nias “Tano Niha” memiliki arti yang sangat dalam. Hal ini terlihat dari berbagai berbagai lagu yang sering dinyanyikan oleh suku di pulau yang terkenal melalui olahraga lompat batu atau hombo batu itu.

Meskipun jumlah suku Nias hanya berkisar 1 atau 2 jutaan, namun suku ini dikenal dengan sikapnya yang sangat menghargai kejujuran dan kerja keras. Pulau Nias memang kecil, tapi bisa dikatakan hampir seluruh wilayah Indonesia terdapat suku yang dikenal hampir mirip dengan orang-orang Thiong Hoa itu.

Suku ini sangat kompak dan cinta tanah air. Hal ini dibuktikan dengan suku ini hanya memiliki satu nama organisasi yaitu HIMNI (Himpunan Masyarakat Nias Indonesia)

Begitu juga halnya di Tanjungpinang dan Bintan, suku Nias memiliki organisasi HIMNI. Organisasi ini di buat agar masyarakat Nias tetap kompak menjaga bahasa aslinya yaitu li-khoda (bahasa kita) dan juga adat istiadatnya tidak sampai luntur.

“Kami punya bahasa sendiri dan unik yang juga menjadi bagian dari Bhineka Tunggal Ika, dan kami harus jaga agar bahasa itu tetap kami ingat. Kami punya tano niha (pulau nias dalam arti lain) dengan adat istiadat tersendiri, dan kami juga harus tetap melestarikan itu dimanapun kami berada,”ujar koordinator HIMNI untuk wilayah Tanjungpinang-Bintan, Eka Prastya Jaya Gulo, Senin (21/9).

Lebih lanjut ia mengatakan, untuk wilayah Tanjungpinang-Bintan ini ada sekitar 2 ribu lebih masyarakat Nias. Untuk itu, pertemuan demi pertemuan dilakukan untuk menjaga kekompakkan menjaga nama tano niha.

“Nahato sambua zinonda, naha sambua li, ta’olikhe gawoni ta’olae guli nasi (kalau hanya satu suara dan pendapat, semuanya menjadi mudah) artinya di perantuan juga kami saling bahu membahu dan bantu membantu satu sama lain. Hal ini demi menjaga tali persaudaraan diperantuan. Intinya, kami tidak ingin kalau ada orang Nias yang tidak mengenal kami dan juga sebaliknya,”jelas pria yang juga anggota TNI ini.

Masih kata pria yang akrab di sapa dengan marga Gulo ini, jika ada suku atau orang Nias di Tanjungpinang-Bintan yang masih baru datang silahkan datang bergabung dengan HIMNI. (Ndn)

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY