BERBAGI
Gubernur Kepri Nurdin Basirun saat menyapa atlet cilik dalam sempena menyambut Hari Olahraga Nasional di Batam, Jumat (8/9/2017).

CENTRALBATAM.CO.ID, BATAM-Gubernur Kepri H Nurdin Basirun mengajak semua pihak berperan aktif menggelar iven-iven olahraga di Kepulauan Riau. Banyak cabang yang bisa dijadikan andalan Kepri, dan perlu tekad kuat melakukan pembinaan yang berkesinambungan, sejak usia dini.

“Beberapa iven bisa dijadikan industri. Selain berpotensi untuk terus menguji atlet kita untuk meraih prestasi yang lebih tinggi, beberapa iven juga berpotensi untuk mendatangkan wisatawan,” kata Nurdin, sempena menyambut Hari Olahraga Nasional di Batam, Jumat (8/9/2017). Indonesia setiap tahun memperingati 9 September sebagai Hari Olahraga Nasional.

Nurdin yakin sejumlah iven olahraga baik yang nasional dan internasional, akan meningkatkan kunjungan wisatawan ke Kepri. Banyaknya peserta yang ambil bagian dalam sebuah iven, akan menguntungkan Kepri dan atlet-atletnya.

“Karena dengan menjadikan olahraga sebagai industri, Kepri bisa makin maju lagi dan membentuk atlet berprestasi,” kata Nurdin.

Nurdin memang melihat di sejumlah daerah iven-iven olahraga yang mendatangkan peserta dari luar negeri. Aktivitas itu disambut baik oleh Gubernur. Apalagi tiap daerah bisa fokus dengan cabang tertentu, sehingga sudah menjadi ingatan para pecinta olah raga dan peminatnya kapan harus hadir.

Kontiunitas kalender olahraga diharapkan harus konsisten. Dalam beberapa kesempatan pun, misalnya, Nurdin ikut mempromosikan beberapa olahraga yang terkait dengan pariwisata, seperti sport water, yang laman bermainnya di Kepri sangat luas.

Nurdin ingin berbagai iven olah raga nasional dan dunia bisa digelar di Kepri ke depannya. Untuk Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024, menurut Nurdin, Kepri sudah mengajukan diri menjadi tuan rumah.

Saat menghadiri jamuan makan malam dengan atlet bulutangkis Djarum Sirkuit Nasional Li-Ning Kepri Open 2017 awal pekan ini, Gubernur mengharapkan ke depan Kepri bisa menjadi tuan rumah turnamen buku tangkis dunia, seperti Thomas dan Uber Cup.

Gubernur juga mengajak pihak swasta untuk menjadi Bapak Angkat cabang-cabang olahraga unggulan di Kepri. Keterlibatan swasta menjadi penting untuk juga melahirkan atlit berpestasi.

“Kita semua harus bersama-sama ikut berpartisipasi memajukan olah raga Kepri,” imbau Nurdin.

Nurdin menyambut baik tema Haornas yang digagas Kemenpora tahun ini, Olahraga Menyatukan Kita. Bagi Nurdin, iven-iven olahraga juga memperkuat silaturahmi antar sesama.

Sepanjang tahun ini, Nurdin berkali-kali menghadiri turnamen olag raga di pulau-pulau. Termasuk iven-iven besar di Kota Batam. Tampak interaksi keakraban antar penonton terjalin sebelum dan sesudah pertandingan.

Apalagi di pulau-pulau, masyarakat selalu menyemut saat ada turnamen olahraga. Silaturahmi, kata Nurdin, dalam setiap sambutan di iven olah raga, harus semakin dieratkan.

Dirinya pun bisa bersilaturami semakin erat dengan masyarakat dalam iven-iven itu. Apalagi, gotong royong, sikap toleransi dan saing memahami selalu terlihat tanpa harus ada pemaksaan.

“Silaturahmi masyarakat selalu tampak pada swtiap iven. Mereka bersatu untuk kesuksesan acara dan menyemarakkannya. Olahraga memang menyatukan kita,” kata Nurdin.

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY