BERBAGI
Bupati Bintan, Apri Sujadi membawa obor sebelum berbicara terkait festival Lampu Cangkok

CENTRALBATAM.CO.ID, BINTAN –Bupati Bintan, Apri Sujadi mengatakan kembali menggelar festival lampu cangkok pada tahun 2018 ini. Penyelenggaraan ini kata dia sekaligus untuk memeriahkan bulan suci Ramdhan 1439 Hijriah.

“Kami punya rencana menggelar kembali festival lampu untuk memeriahkan bulan suci Ramadhan 1439 Hijriah ini. Event ini diadakan seperti pada tahun sebelumnya yakni festival lampu cangkok antara Desa dan Kelurahan se-kabupaten Bintan,” sebut Apri.

Masih kata Apri, melalui festival lampu cangkok ini diharapkan dapat menghidupkan kembali tradisi yang sudah menjadi ciri khas Melayu. Dimana setiap menyambut bulan suci Ramadhan dulunya, lampu hias selalu menghiasi jalan-jalan di seluruh Desa.

Salah Satu Lampu PADA Festival Lampu Cangkok Tahun lalu

“Jadi selain memeriahkan bulan suci Ramadhan 1439 H, kami sudah meminta agar Camat , Lurah dan Kepala Desa dapat menghidupkan kembali tradisi yang sudah menjadi ciri khas melayu kita. Kita hidupkan lampu pelita disepanjang jalan menuju jalan-jalan desa , khususnya ke rumah ibadah mesjid dan musholla,” sebutnya.

Lebih lanjut Apri mengatakan hal yang terpenting melalui festival ini adalah bagaimana semangat kebersamaan untuk terus mempertahankan nilai-nilai tradisi budaya daerah agar tidak hilang ditelan zaman.

“Nanti mungkin penilaian kategori dan ketentuan lain biar disampaikan dalam forum rakor kades/lurah yang akan diselenggarakan dalam waktu dekat. Ada kemungkinan rencana penilaian akan di mulai pada tanggal 17 Ramadhan 1439 H sampai akhir Ramadhan ” tutupnya. (Ndn)

 

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY