BERBAGI
Medali

CENTRALBATAM.CO.ID, BATAM – Di tengah hingar-bingar dan euforia masyarakat Indonesia yang menggalang aksi solidaritas untuk mendukung Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahja Purnama alias Ahok yang divonis 2 tahun penjara, ternyata ada aksi heroik yang terlupakan.

Ya, kinerja dan prestasi pelajar Indonesia menorehkan prestasi membanggakan di Negeri Beruang Merah. Keduanya yakni, Gerry Windiarto Mohamad Dunda dari SMA MH Thamrin Jakarta (emas), Ferris Prima Nugraha dari SMAK Penabur Gading Serpong yang menyabet medali perak.

Keduanya menyabet medali itu dalam Olimpiade Fisika Se-Asia (APHO) ke-18 yang diadakan di Yakutsk, Rusia, pada 1 hingga 9 Mei lalu. Bersama keduanya, lima pelajar lainnya juga menerima sebutan kehormatan di ajang Olimpiade Fisika di Rusia itu.

Baca Juga:  Apresiasi Warga Cepat Tanggap Adanya Kebakaran, Ini Kata Wali Kota Tanjungpinang

Mengutip dari RBTH, Jumat (12/5/2017), kelima penerima sebutan kehormatan adalah Faizal Husmi (SMA Kharisma Bangsa Tangerang Selatan), Andrew Wijaya (SMA St. Angela Bandung), Johanes Suhardjo (SMAK Frateran Surabaya), Bonfilio Nainggolan (SMAN 8 Jakarta), dan Irfan Zaky Harlen (SMAN 8 Jakarta).

Sekretaris Jenderal APHO Hendra Kwee mengatakan generasi muda Indonesia memiliki potensi sains yang besar. Permasalahannya, mempelajari sains pada tahapan tertentu membutuhkan sarana dan prasarana pendidikan lengkap.

“Akibatnya, siswa-siswa yang menonjol adalah mereka dari kota-kota besar,” kata Koordinator Tim Olimpiade Fisika Indonesia ini. Karena itu, katanya, butuh kerja sama pemerintah pusat, daerah, swasta, dan lembaga swadaya masyarakat dalam memastikan pemerataan pendidikan,” jelas Hendra.

Baca Juga:  KPU Bintan Tetapkan "Bupati Indonesia" Sebagai Pemenang Pilkada

APHO diselenggarakan oleh Institut Fisika dan Teknologi Moskow, Rusia dan diikuti oleh 23 negara.

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY