BERBAGI
Bupati Bintan, Apri Sujadi

CENTRALBATAM.CO.ID, BINTAN –Meskipun hujan deras melanda berbagai wilayah Bintan kemarin (26/7) dari pagi hingga malam hari tidak menurungkan niat Bupati Bintan, Apri Sujadi datang ke peresmian Aneka Kuliner Kawal (AKAW) di lapangan GOR Kawal. Padahal sebelum datang ke peresmian AKAW, Apri terlebih dahulu menghadiri dua acara yang juga dalam kondisi hujan.

Hal ini dilakukan menurut Apri karena AKAW ini merupakan tempat baru untuk menumbuhkan perekonomian masyarakat Kawal yang sempat terpuruk akibat covid-19.

“Selesai mengunjungi Desa Teluk Bakau, kemudian melanjutkan ke Desa Malang Rapat dan langsung ke sini (GOR Kawal). Insyalaalah ini adalah tempat baru yang akan diresmikan yang dengan harapan dapat menumbuhkan sektor ekonomi kreatif khususnya para pedagang kita sekitar sini,”ujar Apri di sela-sela acara.

“Mudah-mudahan ini dapat meningkatkan ekonomi masyarakat. Dan pesan kami tetap mengingat kondisi kita saat ini di tengah covid-19, tetap harus menjalankan protokol kesehatan,”tambahnya.

Sebelum melakukan peresmian, orang nomor satu di Bintan itu terlebih dahulu memantau situasi AKAW. Dari hasil yang ia lihat sendiri, antusias para pedagang dan pelanggan datang ke tempat itu sangat menjanjikan untuk pertumbuhan ekonomi.

Hal ini membuat Apri ingin mendorong di setiap kecamatan ada tempat seperti AKAW itu. Terlebih di tengah terpuruknya ekonomi di berbagai wilayah Indonesia termasuk Bintan.

“Tentunya kita akan dorong, agar sektor ekonomi khusus para pedagang penjual makanan dan minuman ini bisa terus tumbuh dan berkembang. Tapi itu akan kita lakukan secara bertahap,”sebutnya.

“Dan sehubungan dengan kita masih di tengah pandemic covid-19, kami juga meminta agar sosial distancing tetap di jalankan. Ada baiknya, satu meja cukup tiga orang saja,”pintanya.

Lebih lanjut ia berharap masyarakat Bintan tetap berkreatifitas dan melakukan inovasi, berusaha dan beriktiar untuk usaha.

“Namun kembali kami pesankan agar protokol kesehatan tetap dijalankan,”harapnya.

Ia menjelaskan, pentingnya menjalankan protokol kesehatan ini karena ada hubungannya dengan ekonomi. Misalnya, jika ekonomi baik namun tidak sehat akan berpengaruh pada ekomi.

“Kita akan mendorong terus pertumbuhan ekonomi. Tapi itu tadi, harus sejalan dengan kesehatan,”timpalnya.

Bupati Bintan Apri Sujadi saat memberikan bantua pada salah satu warga

Pada kesempatan itu juga, Bupati Bintan, Apri Sujadi beserta OPD juga memberikan bantuan berupa sembako pada masyarakat di sekitar wilayah Gunungkijang. Sembako itu berasal dari para ASN untuk membantu masyarakat yang ter imbas covid-19.

Di tempat yang sama, Camat Gunungkijang mengatakan pihaknya melalui dana Kelurahan telah memberikan bantuan berupa Meja Payung, Kursi dan Gerobak untuk berjualan.

“Hingga saat ini ada 18 penjual yang berjualan di AKAW Karang Taruna ini. Mereka semuanya warga Kelurahan Kawal dan harapan kami semoga AKAW ini dapat meningkatkan ekonomi masyarakat kita,”sebutnya.

Sementara itu, salah satu penjual di lokasi, Imam mengatakan berterimakasih pada jajaran Lurah, Camat dan Pemkab Bintan yang telah memfassilitasi tempat usaha. Sehingga ia bersama istri bisa menyalurkan hobby berusaha serta memperoleh penghasilan.

“Saat ini tahu sendiri lah kondisi ekonomi sedang merosot. Dan untungnya pihak Kecamatan membuka tempat ini, sehingga bisa berjualan untuk memenuhi kebutuhan di rumah,”bebernya.

Masih kata Imam, meskipun baru dua minggu berjualan di tempat itu, namun ia merasa terbantu. Pasalnya, untuk setiap malamnya ia dan istri tercinta bisa menghasilkan hingga Rp 100 ribu bersih.

“Pokoknya lumayan lah bang dan sangat membantu kami,” tutup pria yang mengaku sudah tidak bekerja sejak wabah corona masuk Bintan. (Ndn)

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY