BERBAGI
Penampakan awan gelap pekat disekitar Pelabuhan Domestik Telaga Punggur, Batam | Foto : Junedy Bresly

CENTRALBATAM.CO.ID, BATAM – Memasuki akhir Maret 2017 dan sempena Hari Raya Nyepi, penampakan langit di Kota Batam diselimuti awan gelap pekat, Selasa (28/3/2017).

Sejak pagi tadi, hujan dengan intensitas ringan telah mengguyur beberapa wilayah di Batam. Mulai dari kecamatan Sekupang, Batam Kota, Batuaji, Sagulung dan Sei Beduk pun turut dilingkupi penampakan awan gelap dan hujan ringan.

Saat dikonfirmasi, Kepala Kantor Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Hang Nadim, Batam, Philip Mustamu turut membenarkan cuaca Batam yang sebagian besarnya berpotensi diguyur hujan. Dia menegaskan, kondisi ini dapat bertahan hingga malam hari nanti.

“Ya, curah hujan lumayan tinggi. Tapi intensitasnya ringan sampai dengan sedang, dan ini bisa terjadi hingga malam hari nanti,” kata Philip Mustamu, saat dikonfirmasi, Selasa (28/3/2017) pagi.

Baca Juga:  Jembatan Hilang Diterjang Banjir, Akses Jalan Tirta Madu-Gesek Terputus

Philip menegaskan, tingginya curah hujan sejak pagi disebabkan tingginya pembentukan awan konvektif di wilayah Kepri. Awan konvektif sendiri, merupakan media turunnya hujan yang dibentuk dari akumulasi massa udara yang akhirnya membentuk awan gelap pekat.

Akumulasi massa udara terjadi akibat adanya shearline (belokan angin, red) di wilayah Kepri. Belokan angin inilah yang menyebabkan massa udara terjebak di wilayah Kepri dan dalam jangka panjang akan membentuk kumpulan awan dan berakumulasi menjadi awan konvektif.

“Begitulah siklusnya, dan sempena Hari Raya Nyepi memang cuaca tampak sejuk. Hujan ringan mengguyur dimana-mana,” ungkapnya.

Peduli akan kesehatan dan keselamatan masyarakat Batam dan Kepri pada umumnya, Philip mengimbau seluruh masyarakat untuk tidak beraktifitas diluar rumah atau ruangan selama hujan berlangsung. “Selain hujan, petir dan guntur juga mewarnai. Jadi mari jaga kesehatan dan keselamatan, jikapun harus keluar ruangan lebih baik gunakan jas hujan. Mari lebih aktif dalam memantau informasi yang kami sediakan, sebagai upaya peningkatan pelayanan bagi masyarakat,” tutupnya.

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY