BERBAGI

CENTRALBATAM.CO.ID, JAKARTA-Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) RI, Anies Baswedan kembali mengeluarkan Surat Edaran (SE) nomor 4 tahun 2016 tentang Hari Pertama Sekolah yang sebagian besar jatuh pada 18 Juli 2016.

Dalam surat edaran yang disebar tersebut, Orangtua diimbau dan diwajibkan untuk mengantar anak di hari pertama sekolah.

Dalam dokumen yang ditandatangani Anies pada (11/7/2016) lalu dan beredar Rabu (13/7/2016) ini. Anies mengimbau kepada aparatur sipil daerah untuk mengantarkan anak ke sekolah dihari pertama dan memberikan dispensasi dapat memulai kerja sesudah mengantarkan anaknya ke sekolah.

Surat Edaran Mendikbud RI, menjelang hari pertama masuk sekolah | Foto : Dok. Mendikbud, Mona
Surat Edaran Mendikbud RI, menjelang hari pertama masuk sekolah | Foto : Dok. Mendikbud, Mona

Anies juga mengimbau, kepada seluruh instansi swasta di daerah dapat memberi dispensasi bagi karyawan untuk dapat memulai kerja sesudah mengantarkan anaknya ke sekolah hari pertama.

“Hari pertama sekolah juga menjadi kesempatan mendorong interaksi antara orangtua dengan guru di sekolah untuk menjalin komitmen bersama dalam mengawal pendidikan anak selama setahun ke depan. Kampanye ini juga bertujuan meningkatkan kepedulian dan keterlibatan publik dalam penyelenggaraan pendidikan di sekolah,” tulis Anies dalam suratnya.

Berikut Surat Edaran Mendikbud RI Anies Baswedan, kepada seluruh Orangtua yang anaknya mulai masuk sekolah Senin (18/7/2016) mendatang, yang dirangkum tim Central Batam:

MENTERI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,
Salam sejahtera untuk kita semua.

Dengan hormat,
Pada hari Senin tanggal 18 Juli 2016 mendatang, sebagian besar sekolah di Indonesia akan mengawali tahun pelajaran baru 2016-2017. Untuk mendorong tumbuhnya iklim pembelajaran yang lebih positif dan menyenangkan, maka Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan memandang perlu diadakan kampanye Hari Pertama Sekolah yang mengajak orangtua mengantarkan anaknya di hari pertama.

Hari Pertama Sekolah juga menjadi kesempatan mendorong interaksi antara orangtua dengan guru di sekolah untuk menjalin komitmen bersama dalam mengawal pendidikan anak selama setahun ke depan. Kampanye ini juga bertujuan meningkatkan kepedulian dan keterlibatan publik dalam penyelenggaraan pendidikan di sekolah.

Demi meningkatkan capaian kampanye Hari Pertama Sekolah kepada publik luas di seluruh daerah Nusantara, maka dengan ini kami mengajukan harapan kepada Saudara sebagai Kepala Daerah untuk turut mendukung penyebaran pesan Hari Pertama Sekolah. Beberapa bentuk dukungan yang dapat diberikan di antaranya:

1. Mendorong aparatur sipil daerah untuk mengantarkan anak ke sekolah di hari pertama dan memberikan dispensasi dapat memulai kerja sesudah mengantarkan anaknya ke sekolah.

2. Mendukung sekolah dalam menyambut siswa baru dan berinteraksi dengan orangtua.

3. Menyampaikan pesan kepada instansi swasta di daerah agar memberi dispensasi bagi karyawan untuk dapat memulai kerja sesudah mengantarkan anaknya ke sekolah di hari pertama.

4. Menggunakan berbagai kanal komunikasi di daerah untuk menyebarkan pesan Hari Pertama Sekolah kepada publik luas di daerah saudara.

Demikian surat ini kami kirimkan agar mendapatkan dukungan dari Saudara. Atas perhatian dan bantuan Saudara kami ucapkan terima kasih.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Jakarta, 11 Juli 2016

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia,

Anies Baswedan‎

 

Penulis : Mona

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY